Mencontoh Semenanjung Krimea: Selenskyi memperingatkan terhadap referendum Rusia

Terinspirasi oleh Semenanjung Krimea
Zelenskyi memperingatkan terhadap referendum Rusia

Pada awal Maret, Presiden Zelenskyj menuduh Rusia ingin melakukan aneksasi baru pada model semenanjung Krimea yang dianeksasi pada tahun 2014. Sekarang dia kembali memperingatkan penduduk wilayah yang diduduki untuk tidak membocorkan informasi pribadi – dia bukan pertanyaan tentang “melaksanakan sensus”.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menuduh Moskow berencana mengadakan referendum kemerdekaan palsu di wilayah yang dikuasai Rusia di sekitar Kherson dan Zaporizhia di selatan negara itu. Dalam pesan video Kamis malam, Zelenskyy mendesak penduduk wilayah pendudukan untuk tidak memberikan informasi pribadi, seperti nomor paspor, yang akan diminta oleh angkatan bersenjata Rusia dari mereka.

“Ini bukan hanya tentang mengambil sensus,” dia memperingatkan. “Ini bukan tentang mengirimi Anda bantuan kemanusiaan dalam bentuk apa pun. Ini benar-benar tentang mencurangi apa yang disebut referendum di negara Anda ketika perintah untuk melakukan komedi ini datang dari Moskow”, kata presiden Ukraina. “Tidak akan ada Republik Rakyat Kherson. Jika ada yang menginginkan pencaplokan lagi, sanksi yang lebih kuat akan menghantam Rusia,” ancam Zelenskyy.

Pemerintah Selenskyj telah mengajukan tuduhan serupa pada awal Maret. Akibatnya, Rusia merencanakan referendum yang meniru semenanjung Krimea, yang dianeksasi oleh Moskow setelah referendum yang dipertanyakan pada tahun 2014. Daerah di Ukraina timur yang dikendalikan oleh separatis pro-Rusia juga telah menyatakan kemerdekaan mereka setelah pemungutan suara yang kontroversial.

Kherson adalah kota besar pertama yang direbut oleh pasukan Rusia setelah invasi 24 Februari mereka ke Ukraina. Sedikit lebih jauh ke timur laut, tentara Rusia juga menguasai area yang luas di sekitar kota Zaporizhia. Kota itu sendiri masih di bawah kendali kyiv. Daerah-daerah itu sangat penting secara strategis karena mewakili hubungan darat antara Krimea dan daerah-daerah yang memisahkan diri di timur.

READ  AS menginvestasikan triliunan dolar dalam infrastruktur yang bermasalah
Written By
More from Lukman Haq
Cadangan negara hampir habis: PBB peringatkan kekurangan pangan di Afghanistan – politik
Menteri Pertahanan AS ingin menilai penarikan dari Afghanistan Menteri Pertahanan Lloyd Austin...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.