Melewati terlalu dekat dengan Jupiter – Awal dari akhir Comet Shoemaker-Levy

30 tahun yang lalu Comet Shoemaker-Levy 9 pecah menjadi beberapa bagian – beberapa bulan kemudian mereka membentuk rantai panjang di luar angkasa (Hubble/NASA/ESA)

Pada awalnya, tidak ada yang bisa dilihat di bumi. Baru sembilan bulan kemudian Carolyn, Eugene Shoemaker, dan David Levy menemukan rantai komet yang tidak biasa dalam sebuah foto.

Dengan cepat menjadi jelas bahwa benda-benda ini mengorbit Jupiter. Analisis orbit menunjukkan bahwa fragmen komet, yang dinamai menurut nama penemunya, tidak akan lagi melewati planet ini pada Juli 1994, tetapi jatuh ke dalamnya.

Belum pernah para ahli dapat melacak tabrakan kosmik seperti itu. Fragmen komet mengalir melalui massa gas planet selama periode enam hari. Sebelumnya tidak jelas apakah potongan-potongan itu, yang berukuran paling tinggi seribu meter, dapat meninggalkan jejak yang terlihat.

Anda bisa. Tabrakan serial melebihi semua harapan: setiap pukulan menyebabkan ledakan ledakan. “Bekas luka” bisa dilihat di atmosfer Jupiter selama berminggu-minggu, bahkan di teleskop amatir. Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang masih baru pada saat itu, pertama kali muncul, menarik perhatian dunia.

Tapi untuk komet Shoemaker-Levy 9, itu adalah akhirnya. Komet itu hanya “tidak beruntung” telah ditangkap oleh Jupiter dan dipaksa ke orbitnya yang mematikan dalam beberapa dekade. Sebagai imbalannya, ia menawarkan kepada penggemar astronomi tontonan yang unik.

READ  WhatsApp-Update soll Gruppen untereinander vernetzen
Written By
More from Munir Rad
Siap! Apple akan meningkatkan produksi iPhone secara keseluruhan tahun depan
FIXPALEMBANG.COM – Perusahaan apel Dia melaporkan rencana untuk menambah jumlahnya Produk IPhone...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.