Maui Shell untuk Linux: Shell desktop baru untuk PC, smartphone, dan tablet

Pengembang distribusi Linux Nitrux, juga menarik bagi para gamer, baru saja menghadirkan Maui, shell konvergensi baru yang seharusnya cocok untuk desktop serta smartphone dan tablet. Setelah desktop NX, berdasarkan lingkungan desktop KDE Plasma, shell baru adalah upaya berikutnya.

[Anzeige] Opera adalah peramban pribadi Anda dengan VPN, perpesanan, dan dompet kripto gratis – untuk ponsel cerdas dan PC. Unduh Opera sekarang!

Kasing baru untuk PC, ponsel cerdas, dan tablet

Setelah pembuat Nitrux dengan merilis Nitrux 1.7.1, salah satu distribusi Linux terbaru, berbeda dari rilis bergulir Pada siklus rilis tetap, dengan KDE telah merilis Plasma 5.23.3 dan Mesa 21.3.1, yang didasarkan pada Linux 5.15.6 LTS dan desktop NX internal, shell desktop yang didesain ulang sepenuhnya sekarang dijanjikan. Ini juga harus dirancang untuk perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet.

Kasing “Maui” baru untuk digunakan di desktop, ponsel cerdas, dan tablet (Gambar: Nitrux)

Maui Shell dirancang dari bawah ke atas untuk bekerja pada berbagai macam faktor bentuk dan fokus pada konvergensi.

Tujuan Maui Shell adalah untuk menerapkan shell desktop terkonvergensi dengan berbagai faktor bentuk, dari ponsel dan tablet hingga desktop. Maui Shell akan mengakomodasi berbagai faktor bentuk, dan Anda tidak perlu memiliki beberapa versi yang menargetkan faktor bentuk yang berbeda.

Camilo Higuita, Nitrux

Maui Shell terdiri dari dua komponen utama, Cask sebagai wadah cangkang dan Zpace sebagai penyusun. Ini sebanding dengan kulit gnome dan ibu, pengelola jendela dan komposer untuk protokol server tampilan Wayland.

Cangkang

Cangkang “Maui” di desktop

Cangkang

Cangkang “Maui” di desktop

Karena Maui Shell adalah shell desktop yang konvergen, para pengembang mengatakan itu akan terlihat bagus di layar yang lebih kecil seperti yang ada di smartphone dan tablet Linux.

Pada faktor bentuk tablet, jendela Maui Shell tidak memiliki hiasan dan ditampilkan dalam mode layar penuh. Selain itu, hingga dua jendela per area kerja dapat ditampilkan berdampingan atau satu di atas yang lain.

Maui Shell di ponsel cerdas Anda

Maui Shell di ponsel cerdas Anda

Cangkang Maui di rak

Cangkang Maui di rak

Coba Maui Shell dengan Nitrux 1.8.0

Pengguna yang ingin mencoba Maui Shell dapat menggunakan 3 GB dan lebih tinggi AMD64 gambar sistem yang dioptimalkan Nitrux 1.8.0 (ISO) unduh, yang juga baru saja keluar.

Rilis stabil pertama Maui untuk desktop, laptop, smartphone, dan tablet diharapkan akan muncul pada musim gugur 2022.

Informasi lebih lanjut disediakan oleh halaman proyek pada platform pengembangan GitHub.

READ  IPhone 14 Pro akan mendapatkan kamera 48MP dan RAM 8GB
Written By
More from Munir Rad
Intel Nuc Bekas Baru | Forum basis komputer
Baca terus dengan iklan Kunjungi ComputerBase seperti biasa dengan iklan dan pelacakan....
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *