Masalah di Selat – Prancis mengancam pembalasan atas sengketa ikan – Kebijakan luar negeri

Perselisihan antara Inggris dan Prancis mengenai hak penangkapan ikan di Channel Island of Jersey tidak berakhir …

Perselisihan antara negara-negara telah meningkat pada bulan Mei: ketika lusinan kapal pukat ikan Prancis mengancam akan memblokir pelabuhan Saint-Hélier sur Jersey, pemerintah Inggris mengirim kapal perang ke zona maritim. Prancis kemudian juga mengirimkan kapal perang.

Pada saat yang sama, Jersey menyetujui 95 lisensi tambahan untuk kapal penangkap ikan Prancis pada hari Rabu, termasuk 31 untuk jangka waktu terbatas. Seperti yang diumumkan oleh pihak berwenang di pulau La Mancha. Tapi: 75 aplikasi ditolak. Prancis sekarang mengancam “pembalasan”.

Pulau Jersey terletak sekitar tiga puluh kilometer di lepas pantai Normandia dan perairannya sangat kaya akan ikan. Kesepakatan pasca-Brexit yang dinegosiasikan oleh UE menetapkan bahwa nelayan Eropa dapat terus bernavigasi di perairan Inggris tertentu, asalkan mereka mendapatkan lisensi. Ini akan diberikan kepada mereka jika mereka dapat membuktikan bahwa mereka telah memancing di sana.

95 izin yang sekarang disetujui merupakan tambahan dari izin untuk 47 kapal yang sudah dikeluarkan sejak awal tahun. Siapa pun yang tidak dapat segera mengirimkan dokumen lengkap, menerima lisensi sementara, seperti yang dijelaskan oleh Channel Island. Jika Anda tidak memiliki lisensi, Anda akan segera harus berhenti memancing di perairan Jersey, dan kemudian peraturan sementara akan kedaluwarsa.

Hak penangkapan ikan adalah salah satu poin penting dalam kesepakatan perdagangan UE-Inggris, yang telah berlaku penuh sejak 1 Mei. Inggris hanya perlu mengotorisasi kapal penangkap ikan di wilayahnya yang sudah aktif di sana sejak 2012. Nelayan Prancis mengeluhkan hal itu tak mudah dibuktikan.

Paris bereaksi dengan marah pada hari Rabu bahwa tidak semua lisensi yang diminta telah disetujui. Juru bicara pemerintah Gabriel Attal sekarang mengacu pada “keputusan yang sama sekali tidak dapat diterima dan tidak dapat diterima”. Pendekatan Jersey bertentangan dengan kesepakatan Brexit.

READ  Setelah kecelakaan "Ever Given" di Terusan Suez: pelatihan kapten di Port Revel

Karena itu, dia sepenuhnya memahami kekhawatiran dan kemarahan para nelayan Prancis. Pemerintah Prancis akan bekerja dengan Komisi Eropa “untuk memajukan file ini dan juga untuk memeriksa kemungkinan tindakan pembalasan”. Paris telah mengeluh pada hari Selasa tentang lisensi yang belum diberikan secara penuh.

Menteri Angkatan Laut Annick Girardin melangkah lebih jauh: “Saya mengandalkan negara-negara Eropa lainnya untuk menuntut hal yang sama seperti Prancis, karena apa yang dialami Prancis hari ini juga akan dialami oleh negara lain,” katanya. pertemuan dengan perwakilan sektor. Semua rekan kabinetnya juga diundang untuk “mengidentifikasi kemungkinan tindakan pembalasan Prancis”, dari “pertanyaan energi” hingga “arus perdagangan”.

Written By
More from Lukman Haq
Keluarga kerajaan Yordania: Pangeran Hamsa dikabarkan menegaskan kesetiaannya kepada Raja Abdullah II
Dalam perebutan kekuasaan di rumah tangga kerajaan Yordania, Pangeran Hamsa bin Hussein...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.