Mantan kandidat presiden: American Republican Dole telah meninggal

Status: 05.12.2021 19:49

Selama beberapa dekade, ia membantu membentuk politik di Washington – sebagai anggota parlemen, senator, dan calon presiden. Penantang Clinton, Bob Dole, meninggal dunia pada usia 98 tahun.

Mantan Senator AS dan mantan calon presiden dari Partai Republik Bob Dole meninggal dunia pada usia 98 tahun. Dia tertidur dengan tenang pada Minggu pagi, kata pendiri istrinya Elizabeth. Selama 79 tahun dia setia melayani Amerika Serikat, kata yayasan itu.

Aktif sebagai politikus sejak tahun 1960

Dole dianggap sebagai pahlawan perang Amerika, ia menderita beberapa luka serius selama Perang Dunia II. Setelah perang dia terutama di rumah sakit dan pusat rehabilitasi selama sekitar tiga tahun. Lengan kanannya tetap lumpuh sebagian sepanjang hidupnya karena luka-lukanya.

Karir politiknya dimulai pada tahun 1960 sebagai anggota parlemen. Beberapa tahun kemudian, pengacara itu terpilih menjadi anggota Senat Amerika Serikat untuk negara bagian asalnya di Kansas. Di sana ia adalah pemimpin kelompok parlemen Republik selama bertahun-tahun dan dipandang sebagai ahli taktik yang terampil, politisi pragmatis, dan musuh yang kejam.

Dalam pemilihan 1976, Dole mencalonkan diri sebagai finalis Gerald Ford, tetapi Jimmy Carter dari Partai Demokrat menang dalam pemungutan suara.

Dengan pemimpin minoritas Partai Republik di DPR, Newt Gingrich, ia mencoba berhasil dari 1993 untuk mencegah kebijakan Presiden Demokrat baru Bill Clinton. Oposisi Republik juga menjadi korban reformasi perawatan kesehatan yang diinginkan Clinton. Dari 1995 hingga pertengahan 1996, Dole adalah pemimpin mayoritas di Senat – dan sekarang mampu memperlambat kebijakan Clinton dengan lebih efektif.

Pensiun dari politik setelah kekalahan Clinton

Dole sudah dua kali meminta pencalonan partainya sebagai calon presiden. Pada tahun 1979 ia dikalahkan oleh Ronald Reagan, pada tahun 1988 oleh George Bush Sr. Dalam pemilihan presiden tahun 1996, Dole akhirnya mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Republik melawan petahana Demokrat Bill Clinton, yang mampu mengamankan masa jabatan kedua. Setelah itu, Dole pensiun dari politik.

Sebagai senator dari negara bagian asalnya di Kansas, Dole membentuk kebijakan pajak, kebijakan luar negeri, program pertanian dan pangan, dan hak-hak penyandang disabilitas. Ini telah membantu untuk membangun perlindungan terhadap diskriminasi di bidang pekerjaan, pendidikan dan pelayanan publik. Dia mendedikasikan tahun-tahun terakhirnya untuk para veteran yang terluka, rekan-rekan mereka yang gugur, dan untuk mengenang generasi tentara Perang Dunia II.

“Teman sejati”

Kematian Dole telah menyebabkan kekhawatiran Presiden AS Joe Biden, mantan rekannya di Senat. Dole adalah “seorang negarawan Amerika seperti beberapa orang dalam sejarah kita”. “Dia memiliki integritas dan kehormatan yang tak tergoyahkan,” kata Biden.

Mereka sering tidak setuju di Senat, tetapi Dole tidak pernah menghindar dari bekerja dengannya atau Demokrat, kata Biden. Dole adalah teman sejatinya, kata pria berusia 79 tahun itu.

Written By
More from Lukman Haq
Tuduhan pengkhianatan: Tentara Burma membawa Suu Kyi ke pengadilan
Rabu 3 Februari 2021 Tuduhan pengkhianatan tinggi Tentara Burma membawa Suu Kyi...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *