Mahkamah Agung: Deri seharusnya tidak tetap menjadi menteri dalam negeri Israel

Status: 18/01/2023 16:49.

Menteri Dalam Negeri Israel Deri telah diskors dari jabatannya menyusul keputusan Mahkamah Agung. Dia dijatuhi hukuman pada tahun 2022 dengan hukuman percobaan karena kejahatan pajak. Putusan itu dipandang sebagai pukulan bagi pemerintahan Netanyahu yang baru.

Mahkamah Agung Israel melarang pengangkatan anggota pemerintahan baru. Hakim memutuskan bahwa ketua partai Schas yang sangat religius, Arie Deri, tidak dapat mempertahankan jabatannya sebagai menteri dalam negeri dan kesehatan. Mereka menyebut penunjukan itu “tidak pantas”.

Aktivis hak sipil sebelumnya telah mengajukan pengaduan tentang masa lalu kriminal Deri. Putusan itu dipandang sebagai pukulan bagi pemerintahan baru Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang terpilih kembali.

Undang-undang baru: kabinet menteri meskipun ada kejahatan

Deri telah dihukum beberapa kali: pada tahun 2000, dia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara karena penyuapan, korupsi dan pelanggaran kepercayaan – saat dia menjadi menteri dalam negeri. Pada 2013, ia melakukan comeback politik. Pada tahun 2021, dia harus mengundurkan diri sebagai anggota parlemen karena pelanggaran pajak baru dan diadili dalam penyelesaian. Dia telah meyakinkan pengadilan bahwa dia ingin pensiun dari politik.

Agar dapat diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri dan Kesehatan di pemerintahan agama sayap kanan baru Benjamin Netanyahu pada tahun 2022, sebuah undang-undang diubah secara khusus. Ini memungkinkan pelaksanaan fungsi menteri meskipun faktanya telah melakukan kejahatan – asalkan tidak ada hukuman penjara yang dijatuhkan. Belakangan, Deri menjadi menteri keuangan dengan sistem rotasi.

Pemerintah berencana melemahkan Mahkamah Agung

Setelah putusan pengadilan, sekarang ada kekhawatiran bahwa Menteri Kehakiman Jariv Levin yang baru akan bertindak lebih cepat dalam rencananya untuk melemahkan Mahkamah Agung. Selama beberapa minggu terakhir, puluhan ribu orang di Israel turun ke jalan. Demonstrasi besar lainnya direncanakan di Tel Aviv pada hari Sabtu.

READ  2 Polisi Pallak Sejoli Kencan, pemerkosaan dan seks kemudian direkam

Menurut rencana Levin, mayoritas di parlemen harus dapat meloloskan undang-undang di masa mendatang, bahkan jika Mahkamah Agung menganggap undang-undang tersebut melanggar Undang-Undang Dasar. Levin juga ingin mengubah susunan panel yang menunjuk para juri. Dia menuduh Mahkamah Agung campur tangan berlebihan dalam keputusan politik.

Written By
More from Lukman Haq
Amerika Serikat ingin mengirim kapal dan pesawat melalui Selat Taiwan
Setelah kunjungan politisi AS Nancy Pelosi ke Taiwan, China mengirim militernya ke...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.