Lukashenko mengesampingkan Belarusia bergabung dengan Rusia

Vladivostok (AP) — Pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko telah menolak dugaan rencana bekas republik Soviet itu untuk bergabung dengan Rusia.

“Kami tidak begitu bodoh dengan Putin sehingga kami bekerja dengan cara lama. Kami, saya katakan, sedang membangun persatuan antara dua negara merdeka sehingga orang-orang akan belajar dari kami,” katanya kepada kantor berita negara Belarusia di Vladivostok, Rabu. . di Belta. Presiden Rusia Vladimir Putin telah berulang kali dituduh ingin membangun kembali Uni Soviet yang runtuh lebih dari 30 tahun yang lalu. Dia menolaknya.

Banyak orang di kedua negara yang sudah membangun negara kesatuan juga khawatir bahwa Rusia dapat mencaplok Belarusia, yang sepenuhnya bergantung secara ekonomi padanya. Lukashenko saat ini berada di Timur Jauh Rusia di pantai Pasifik atas undangan pemimpin Kremlin, Putin. Belarus adalah pendukung utama Rusia dalam perang melawan Ukraina.

Tidak seperti Lukashenko, pengamat politik internasional melihat kemungkinan Belarus bergabung dengan Rusia sangat nyata. Sejak pemilihan presiden 2020 yang kontroversial, di mana Lukashenko menyatakan dirinya sebagai pemenang tanpa pengakuan di Barat, Minsk menjadi semakin bergantung pada Moskow. Belarus sekarang hampir sepenuhnya terisolasi secara internasional dan bergantung pada Rusia secara finansial, tetapi juga secara militer.

READ  Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter yang parah terukur di dekat Larissa
Written By
More from Lukman Haq
Banjir dan kebakaran: tewas di Turki, evakuasi di dekat Athena
Status: 16/08/2021 19:28 Cuaca ekstrem di Laut Hitam dan Mediterania: Di Turki,...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.