Lubang selebar 25 meter di Chili adalah sebuah misteri

Asalnya adalah sebuah misteri
Sebuah lubang besar terbuka di wilayah pertambangan Chili

Di Chili utara, sebuah lubang raksasa tiba-tiba terbuka di tanah: ia memiliki diameter sekitar 25 meter. Bagaimana ini terjadi belum diklarifikasi. Namun, bagian dari tambang tembaga berjalan jauh di bawah tanah.

Sebuah lubang besar tiba-tiba terbuka di area pertambangan di Chili utara. Lubang yang berdiameter sekitar 25 meter itu berada di areal tambang Alcaparrosa pada Sabtu lalu di wilayah Atacama muncul, Biro Nasional Geologi dan Pertambangan (Sernageomin) melaporkan dalam sebuah tweet. Foto-foto telah menunjukkan rongga melingkar yang terbuka ke lanskap kering dan meluas ke kedalaman yang tidak terduga.

Menurut grafik Sernageomin, lubang itu berada 200 meter di atas bagian tambang tembaga. Operator Kanada Lundin Mining mengkonfirmasi lubang tersebut. Daerah yang terkena dampak segera ditutup dan pekerjaan di sana dihentikan sementara. Lubang itu “stabil” sejak ditemukan, dan perusahaan itu mengatakan tidak ada gerakan di tanah yang terdeteksi sejak saat itu. Upaya saat ini sedang dilakukan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan terbentuknya lubang tersebut.

Walikota kotamadya Tierra Amarilla yang terkena dampak, Cristóbal Zúñiga, menyatakan keprihatinannya karena penggalian terjadi di dekat daerah pemukiman dan pusat kesehatan setempat. Lubang sebesar ini belum pernah terlihat di komunitasnya, kata Zúñiga dalam sebuah video yang diposting di saluran Facebook-nya.

Harus dipertimbangkan sejauh mana lubang itu terkait dengan pekerjaan pertambangan dan apakah pertambangan bisa membahayakan wilayah dan penduduknya. “Kami meminta jawaban dari Sernageomin dan otoritas yang berwenang untuk menyelidiki mengapa ini terjadi dan menilai risiko bahwa ini bisa terjadi di daerah berpenduduk lain di kotamadya Tierra Amarilla kami,” kata Zúñiga di radio DNA.

(Artikel ini pertama kali terbit pada Selasa, 02 Agustus 2022.)

READ  Italia: Parlemen memilih kembali Sergio Mattarella sebagai Presiden - Politik
Written By
More from Lukman Haq
Afrika Selatan: Ratusan orang tewas akibat banjir
Afrika Selatan Badai terburuk dalam memori hidup: Ratusan orang kehilangan nyawa, puluhan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.