Lira Turki runtuh secara besar-besaran – menurut pernyataan Erdogan

Presiden Turki Erdogan ingin terus menurunkan suku bunga. Oleh karena itu lira terus terdepresiasi – dan terus-menerus mencapai posisi terendah baru. Karena itu, semakin banyak orang harus membatasi diri.

Lira Turki adalah Selasa menurut pernyataan Presiden Recep Tayyip Erdoğan dibagi menjadi. Itu jatuh ke posisi terendah bersejarah terhadap dolar dan euro. Terhadap dolar, kerugian harian terkadang sepuluh persen.

Pada gilirannya, dolar naik di atas 12 lira untuk pertama kalinya. Kurs euro naik menjadi 14,06 lira. Sementara itu, politisi di partai AKP yang berkuasa di Erdogan memulai pembicaraan dengan dewan tabungan.

Jatuhnya mata uang baru mengikuti tuntutan Erdogan untuk pound “kompetitif”. Nilai tukar yang lebih rendah akan mendorong investasi dan lapangan kerja. Ini seharusnya memicu inflasi lebih banyak, karena barang-barang impor menjadi lebih mahal.

Politisi menyarankan untuk menghemat makanan

Pada bulan itu saja, pound kehilangan sekitar seperempat nilainya terhadap dolar dan euro. Inflasi di negara itu hanya di bawah 20 persen, yang dikeluhkan banyak orang.

Politisi AKP Zülfü Demirbag menyarankan warga untuk makan hanya setengah kilo per bulan, bukan dua kilo daging. Alih-alih dua kilogram tomat, dua potong mungkin cukup. Makan sayuran di luar musim juga tidak terlalu sehat. Awal bulan ini, Menteri Energi Fatih Dönmez menyarankan menurunkan radiator untuk menghemat uang.

Bank sentral baru-baru ini menurunkan suku bunga utama setelah tekanan dari Erdogan dan dengan demikian mengirim lira rendah. Erdogan menganggap, bertentangan dengan doktrin saat ini, bahwa suku bunga yang tinggi mendorong inflasi.

Partai penguasa ingin membahas independensi bank sentral

Tekanan pada bank sentral kemungkinan akan berlanjut. Devlet Bahceli, pemimpin partai ultra-nasionalis MHP, menyerukan diskusi untuk mengakhiri independensi bank sentral. MHP adalah bagian dari pemerintahan Erdogan.

READ  Gila! Sekali lagi di pagi hari, pembagian 3 Bacary Group akan dilanjutkan

“Lembaga independen tidak bisa berdiri di atas kehendak rakyat,” kata Bahceli. “NS Turki harus dibebaskan dari beban bunga. Dia juga menuntut agar Turki menentang Dana Moneter Internasional dan “lobi kepentingan.” Pernyataan itu diperkirakan akan semakin melemahkan kepercayaan pada pound dan ekonomi Turki.

Written By
More from Hulwi Zafar
2 planet terbesar di tata surya akan menunjukkan pemandangan langka ini bulan depan
KONTAN.CO.ID – Jakarta. Dua planet terbesar di tata surya, Yupiter dan Saturnus,...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *