Lindungi baterai sepeda listrik: Cara menunda keausan baterai sepeda

Baterai sepeda listrik mahal dan menua dari waktu ke waktu. Penanganan yang tepat diperlukan untuk memastikan mereka bertahan selama mungkin. Rentang juga dapat dipengaruhi secara positif dengan tips dan trik.

Pemberi energi, batang energi, batang daya, atau briket daya – apa pun sebutannya: baterai adalah jantung dari eBike. Mesin tidak akan berjalan tanpa jusnya. Ini juga merupakan komponen paling mahal dari e-bike. Untuk alasan ini saja, lebih baik untuk merawatnya dengan baik agar sel-sel penyimpanan tetap berfungsi untuk waktu yang lama.

desain dan titik fokus

Baterai dan e-bike yang keren? Itu tidak berlangsung lama. Beberapa tahun yang lalu, baterai e-bike biasanya dipasang di rak bagasi. Ini adalah solusi kikuk secara visual yang jarang ditemukan saat ini. Sekarang umum untuk menempatkan baterai di segitiga sasis atau di sasis itu sendiri dengan pusat gravitasi yang menguntungkan. Mereka bersandar pada tabung bingkai atau sebagian atau seluruhnya terintegrasi ke dalam tabung.

Jika baterai benar-benar hilang ke dalam rangka, idealnya baterai terlindungi dari serpihan batu, kotoran, dan kelembapan serta dari pencurian, jelas Thomas Geisler dari layanan pers sepeda. “Beberapa solusi terintegrasi memiliki kelemahan bahwa pengisian daya biasanya hanya dapat dilakukan pada e-bike itu sendiri.” Seluruh sepeda sering harus diangkut ke stopkontak karena baterai tidak lagi dimaksudkan untuk dilepas setiap hari.

Di masa lalu, baterai berbasis nikel juga disekrup ke sepeda elektronik. Standar saat ini adalah baterai lithium-ion dengan kepadatan energi yang relatif tinggi. Ini berarti: Anda dapat menyimpan lebih banyak energi dengan bobot mati yang relatif rendah. “Dibandingkan dengan teknologi baterai lainnya, baterai lithium-ion dicirikan oleh masa pakai yang lama dan self-discharge yang rendah,” kata Tamara Winograd, petugas pers di Bosch E-Bike Systems. Bersama Shimano, Yamaha, Panasonic, Mahle dan Brose, divisi grup adalah salah satu produsen komponen e-bike paling terkenal.

kapasitas dan jangkauan

Angka kunci yang paling penting untuk penggunaan sehari-hari diukur dalam watt-jam – disingkat Wh. Kandungan energi beban penuh, sering juga disebut kapasitas, dinyatakan dalam Wh. Baterai dengan kapasitas 400 Wh hingga 750 Wh sudah umum di pasaran.

Seberapa jauh Anda dapat melakukan perjalanan dengan sekali pengisian baterai? Sebuah pertanyaan yang “tidak ada jawaban umum yang dapat diberikan”, menentukan Winograd. Itu tergantung pada parameter yang berbeda. Berat pengendara sepeda, bagasi atau tekanan ban memengaruhi konsumsi energi, tetapi juga mode bantuan yang dipilih, seringnya start dan mesin serta baterai itu sendiri.

READ  Ripple vs SEC: XRP mungkin bukan keamanan sama sekali

“Faktor lingkungan seperti suhu, kondisi angin, lapisan tanah dan medan juga berperan,” kata Winograd. Pendakian di medan kasar membutuhkan lebih banyak energi daripada bagian datar di jalan beraspal. “Jadi kurang dari 20 hingga lebih dari 100 kilometer dimungkinkan dengan sekali pengisian baterai.” Jika Anda memiliki baterai ganda, Anda dapat menempuh jarak lebih dari 200 kilometer.

Menurut ADAC, perawatan yang buruk juga dapat mengurangi jangkauan. Misalnya, ketika rantai yang diabaikan menyebabkan kerugian beban yang tidak perlu. Jika Anda mencari di web di bawah “kalkulator rentang” dan “sepeda elektronik”, Anda akan menemukan alat yang sesuai untuk menentukan nilai individual. Ada perbedaan penting dengan mobil listrik: “Jika baterai benar-benar kosong saat mengemudi, Anda masih dapat menggerakkan eBike dengan kekuatan otot”, menurut ADAC.

pemuatan dan penyimpanan

Baterai sepeda listrik diisi di stopkontak rumah tangga. Durasi pengisian penuh tergantung pada kapasitas baterai dan pengisi daya yang digunakan. Akibatnya, diperlukan waktu antara dua hingga enam jam hingga tingkat pengisian daya mencapai 100%.

Kebetulan, efek memori yang sebelumnya ditakuti, di mana seringnya pelepasan sebagian dengan mengorbankan kapasitas, tidak lagi terjadi pada baterai lithium-ion, jelas pakar sepeda Dekra Jochen Hof. Jadi Anda bisa mencolokkan baterai sesering yang Anda suka.

Namun, tidak disarankan untuk membiarkannya di pengisi daya selama berhari-hari karena risiko dasar kebakaran dan ledakan – meskipun sistem manajemen baterai internal dimaksudkan untuk melindungi baterai dari pengisian daya yang berlebihan selama beban. E-bikers hanya boleh menggunakan pengisi daya asli untuk mengisi daya, jika tidak, klaim garansi akan dibatalkan dan perangkat keras dapat rusak.

Karena terkadang terjadi kebakaran baterai, para ahli menyarankan untuk mengawasi proses pengisian daya. Dekra merekomendasikan pengisian baterai pada permukaan dengan batu atau ubin. Lokasi yang terlindung dari cuaca di luar rumah atau apartemen sangat ideal.

Panas dan dingin – baterai juga tidak suka

Perlindungan juga diperlukan di puncak musim panas: terlepas dari standar keamanan yang tinggi untuk baterai e-bike, pakar Dekra Hof memperingatkan terhadap pengaruh panas yang berlebihan – misalnya, jika sepeda ditinggalkan di depan kolam renang di bawah terik matahari selama jam di musim panas Panas. “Jadi lebih baik parkir di tempat teduh atau cabut baterainya.” Tetapi bahkan pada hari yang lebih dingin, bahkan di musim gugur dan musim dingin, sinar matahari langsung dapat memanaskan baterai – dan karenanya harus dihindari.

READ  Kebocoran: Facebook tampaknya tidak memiliki kendali atas data pengguna

Lilly Eckstein dari produsen komponen e-bike Brose menjelaskan apa yang bisa terjadi: Panas yang ekstrem dapat menyebabkan resistansi internal baterai meningkat. Ini berarti: Lebih banyak energi diubah menjadi panas di dalam sel baterai. “Motor kekurangan energi ini dan menghambat kinerja e-bike,” kata Eckstein.

Selimut untuk musim panas dan musim dingin

Di musim panas, Anda dapat melindungi baterai dari panas dengan wadah atau penutup yang sesuai dengan sifat reflektif. Karena baterai terasa paling nyaman antara 5 dan 25 derajat. Sangat dingin juga tidak baik. Menurut Dekra, baterai bekerja lebih efisien di musim dingin jika dilindungi dari dingin dengan penutup neoprene, misalnya. Kemudian mempertahankan suhu operasi yang optimal lebih baik – penting, karena derajat yang lebih rendah membutuhkan jarak bermil-mil.

ADAC menyarankan: “Dalam suhu di bawah titik beku, Anda harus melepas baterai saat parkir dan menyimpannya di ruangan pada suhu kamar untuk mencegah kerusakan.” Mengisi daya dalam cuaca dingin juga tidak baik untuk baterai. Lebih baik menunggu sampai pada suhu kamar. Menurut Asosiasi Pusat Profesional Listrik dan TI Jerman (ZVEH), ini membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit. Ini juga berlaku untuk baterai yang panas di musim panas.

Kepompong baterai dengan benar

Jika baterai e-bike tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, yang terbaik adalah menyimpannya pada suhu kamar di lingkungan yang kering dan jauh dari sinar matahari langsung. Pakar Dekra Hof merekomendasikan tingkat pengisian daya idealnya antara 30 dan 60% untuk melindungi memori dari keausan.

ADAC menunjukkan mode tidur di mana model baterai tertentu dapat ditempatkan. Maka tidak masalah untuk menyimpannya hingga enam bulan.

pemeliharaan dan umur

Seperti semua komponen elektronik, hal yang sama berlaku untuk baterai: pembersih bertekanan tinggi dan deterjen agresif adalah hal yang tabu. Sebagai gantinya, juru bicara Bosch, Winograd, merekomendasikan untuk sesekali menyeka baterai dengan kain lembab. Cara terbaik untuk membersihkan baterai dan terminal sepeda adalah dengan kain kering. Dari waktu ke waktu mereka harus diminyaki dengan ringan.

READ  Perubahan besar di DHL dan La Poste: pengguna harus menyadarinya sekarang

Produsen baterai e-bike menjanjikan antara 500 dan 1000 siklus pengisian daya. Siklus pengisian sesuai dengan muatan penuh dari seluruh kapasitas dan oleh karena itu dapat dibagi menjadi beberapa muatan parsial. Menurut perkiraan pabrikan, ini setara dengan tiga hingga lima tahun penggunaan atau total jarak 25.000 hingga 100.000 kilometer.

Dapat digunakan – tetapi dengan kerugian

“Tapi bukan berarti baterainya rusak setelahnya”, jelas Thomas Geisler. Alhasil, masih memiliki efisiensi sekitar 70% dibandingkan model yang lebih baru. Namun, itu menurun lebih cepat dan perlu diisi ulang lebih sering.

Jika baterai rusak – penyebabnya mungkin jatuh atau penyimpanan yang lama di bawah sinar matahari langsung – produsen sangat menyarankan untuk tidak membukanya sendiri untuk alasan keamanan. “Komponen sel baterai lithium-ion secara inheren mudah terbakar dalam kondisi tertentu,” kata panduan Bosch. Selanjutnya, semua garansi dan klaim garansi berakhir.

Jika baterai aus, menggantinya mahal. Dealer spesialis dapat membaca status menggunakan perangkat diagnostik. Tergantung pada kapasitas dan modelnya, suku cadang baru dapat berharga hingga 1000 euro.

Bahan baku yang berharga harus didaur ulang

Dealer spesialis bertanggung jawab untuk membuang baterai lama dan umumnya bekerja sama dengan Foundation for Common Battery Return System (GRS). Menurut layanan pers Fahrrad, ketika sepeda listrik dijual, sejumlah uang masuk ke GRS untuk pembuangan dan daur ulang baterai. Baterai bekas dikumpulkan dari dealer.

Oleh karena itu, zat-zat berharga dari sistem penyimpanan listrik harus dimasukkan kembali ke dalam siklus bahan baku. Bosch memastikan: “Bergantung pada proses daur ulang, lebih dari 80% bahan mentah yang berharga dapat dipulihkan dan digunakan kembali.

(Artikel ini pertama kali terbit pada Rabu, 13 Juli 2022.)

Written By
More from Hulwi Zafar
Tiba-tiba mantan Nordbank menghasilkan ratusan juta
“Bank Komersial Hamburg” menghasilkan jauh lebih banyak dari yang diharapkan. Bagi manajer...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.