Letusan Vulkanik La Palma: Kini Lava Sudah Sampai Laut – Berita Luar Negeri

Lava oranye mengalir seperti air terjun di atas tebing dan bermuara di Samudra Atlantik hitam di lepas pulau La Palma, Canary Spanyol. Ketika lahar, yang bisa mencapai 1000 derajat Celcius, menyentuh laut dekat kota Playa Nueva, asap dan awan besar uap putih naik.

Sembilan hari setelah mulai meluncur menuruni gunung, meninggalkan jejak kehancuran di jalurnya, sekarang telah mencapai laut. Institut Oseanografi Spanyol mentweet Selasa malam dan memposting gambar mengesankan yang diambil oleh salah satu kapalnya.

Para ahli sekarang mengkhawatirkan ledakan batu lava pijar dan gelombang pasang yang mendidih. Ada juga kekhawatiran bahwa kontak lava dengan air laut dapat melepaskan gas berbahaya. Untuk alasan ini, jam malam telah diberlakukan untuk empat lingkungan dengan total sekitar 300 jiwa.

Otoritas Keamanan Canarian tweeted: “Ketika Anda berada di luar, cari tempat yang aman untuk berlindung.”

Surat kabar “La Vanguardia” melaporkan bahwa setelah lava dan batu jatuh ke laut, sebuah piramida setinggi 50 meter menumpuk. Sebelumnya, aliran lava di dekat kotamadya Tazacorte jatuh dari tebing setinggi sekitar 100 meter.

Lava telah mengalir ke laut sejak tengah malam (CEST), menurut Layanan Penyelamatan Laut. Angin selatan bertiup. Institut Oseanografi lebih lanjut men-tweet bahwa lava dapat terlihat bergerak ke dasar tebing.

Pulau vulkanik itu dinyatakan sebagai daerah bencana pada hari Selasa. Sejak gunung berapi meletus pada 19 September untuk pertama kalinya dalam 50 tahun di punggungan Cumbre Vieja di selatan pulau, lava di sisi barat telah mengalir ke laut Sejauh ini, di dekat 600 bangunan, perkebunan pisang dan rumah kaca besar dekat pantai dihancurkan oleh massa merah-panas.

Jumlah orang yang harus meninggalkan rumah turun sedikit menjadi 5.600 setelah beberapa warga diizinkan kembali. Pemerintah daerah memperkirakan bahwa kerusakan akan mencapai beberapa ratus juta euro.

Written By
More from Lukman Haq
Konferensi iklim dunia dibatalkan?: Thunberg mengeluhkan “nasionalisme vaksin”
Jumat 9 April 2021 Pembatalan konferensi iklim dunia? Thunberg menyesalkan “nasionalisme vaksin”...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *