Letusan gunung berapi Indonesia – awan abu naik 5.000 meter ke langit

Awan asap dan abu setinggi 5.000 kaki[5.000 m]naik ke pulau Sumatra, Indonesia pada pagi hari. Ini karena gunung berapi Sinabong, yang telah meletus berulang kali sejak 2010 setelah stabil selama berabad-abad. Tetapi beberapa tahun yang lalu, hal itu tidak menyebabkan banyak kekacauan. Menurut laporan awal, tidak ada korban luka atau cedera.

Dinas Geologi Asia Tenggara mengumumkan pada hari Selasa bahwa 13 ledakan telah dilaporkan. Gunung berapi, juga dikenal sebagai piroklastik, merupakan campuran abu panas, gas, dan pecahan batuan.

Pada kira-kira 2.460 kaki[2.460 m]Sinabong terletak 50 km barat daya ibu kota provinsi. Itu meledak pada 2010 untuk pertama kalinya dalam 400 tahun. Tiga tahun kemudian, letusan lain menyusul, dan gunung berapi tersebut telah aktif sejak saat itu. Pada 2014, satu epidemi menewaskan 16 orang. Pada 2016, tujuh orang tewas.

Tidak ada kematian. Penduduk diperintahkan meninggalkan lembah dalam jarak lima mil[5 km]. Karena peningkatan aktivitas vulkanik, area tersebut tidak digunakan dalam beberapa tahun terakhir.

Tindakan pelepasan tidak ditaati, dan lalu lintas udara tidak terganggu. “Tidak ada indikasi bahwa ada peningkatan risiko,” kata Institut Geologi.

Wabah lain di Jawa

Tambahan, Gunung berapi terapeutik Abu bersinar dan batu telah dibuang di pulau Jawa lagi, kata para pejabat. Campuran tersebut berada sekitar dua kilometer barat daya gunung.

Sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia. Letaknya sekitar 35 km sebelah utara Yogyakarta. Pada tahun 2010, lebih dari 340 orang tewas dan puluhan ribu lainnya mengungsi akibat wabah yang menghancurkan.

Indonesia Ini memiliki aktivitas vulkanik terkuat di dunia, dengan sekitar 130 gunung berapi. Pulau Asia terletak di suatu tempat yang disebut Cincin Pasifik. Gempa bumi dan letusan gunung berapi, terutama taktik yang berulang, bertabrakan di sana.

READ  Ilmuwan khawatir Bumi sedang bergerak ke era hangat

Ikon: Cermin

Written By
More from Saddam Javed

Indonesia: Pensiunan Jerman dan Istri Dibunuh Dengan Kapak – Berita Asing

Jakarta – Pensiunan Jerman Kurt Emil Nonecher (85) ingin pensiun di Indonesia....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *