Lebih dari 40 orang tewas setelah gempa bumi di Indonesia

Gempa bumi dahsyat mengguncang pulau Sulawesi, Indonesia. Lebih dari 40 orang telah diselamatkan sejauh ini dan banyak rumah telah hancur.

Lebih dari 40 orang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam gempa bumi di pulau Sulawesi, Indonesia. Mamuju, ibu kota provinsi Sulawesi Barat, terkena dampaknya secara khusus. Pada gempa Jumat malam, sebuah rumah sakit dan bangunan lain benar-benar runtuh dan banyak orang terkubur di bawah reruntuhan. Anda dapat melihat rekamannya di situs di atas atau sini im video.

Menurut stasiun pemantau gempa USGS, gempa tersebut berkekuatan 6,2, pusat gempa berada di 36 kilometer selatan Mamuju, 18 kilometer di bawah permukaan bumi. Pada malam hari, tim penyelamat telah menemukan 34 mayat dari puing-puing bangunan yang runtuh dan berhasil menemukan sepuluh orang lainnya yang terkubur hidup-hidup. Sedikitnya delapan orang tewas di Majene, lebih jauh ke selatan. Awalnya tidak jelas berapa banyak orang yang masih bisa dikuburkan.

Hotel hancur, kursi gubernur rusak

Gempa sangat parah melanda Rumah Sakit Mamuju. Seorang perwakilan dari layanan darurat lokal mengatakan itu telah hancur total. Lebih dari selusin pasien dan staf dimakamkan, “kami saat ini berusaha menyelamatkan mereka.” Menurut ini, setidaknya satu hotel hancur sebagian; kursi gubernur dan bandara kota rusak.

Rekaman di media online menunjukkan bagaimana warga Mamuju mengungsi dari kota pesisir. Namun, tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat dan gempa bumi memblokir arteri utama, dan jalan-jalan lain juga ikut pecah.

Otoritas cuaca juga telah memperingatkan penduduk tentang gempa susulan baru, yang bisa lebih kuat dari gempa pertama dan memicu tsunami. Oleh karena itu, sebaiknya hindari semua area pantai.

READ  Karena penasaran, anak dari 2 Adji Notonegoro ini pun pindah agama: Ozone yang terkenal itu

Lebih dari 4.000 orang tewas pada tahun 2018

Peringatan itu memicu kepanikan lebih lanjut: pada 2018, sekitar 4.300 orang tewas dalam gempa bumi berkekuatan 7,5 dan tsunami di Sulawesi.

Gempa bumi masih terjadi di Indonesia. Negara kepulauan Asia Tenggara terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik, di mana beberapa lempeng tektonik bertemu dan aktivitas seismik sangat tinggi. Pada tanggal 26 Desember 2004, gempa bumi di lepas Sumatera memicu serangkaian tsunami dahsyat di sepanjang pantai Samudera Hindia. Sebanyak 220.000 orang telah meninggal, termasuk 170.000 di Indonesia.

Written By
More from Mujahid Jaffer

Selegram terlihat kesultanan, gayanya sebanding dengan Rafi Ahmed

Jakarta – Gambar Selegram Bernama Dennis Charista Mencuri perhatian netizen. Karena penyaliban...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *