Lebih dari 40 banjir meninggal di Jakarta

Hujan deras melanda Jakarta, mempengaruhi ratusan ribu orang dan menewaskan puluhan orang. Pemerintah ingin memindahkan ibu kota ke daerah yang aman.

Banjir besar dan tanah longsor telah menewaskan 53 orang di Indonesia. Ketika perlindungan sipil lebih lanjut diumumkan, lebih dari 173.000 orang di ibu kota Jakarta dan kota-kota sekitarnya kehilangan tempat tinggal.

Pihak berwenang mengatakan hujan yang dimulai pada Hari Tahun Baru adalah yang paling lebat sejak 1866. Secara total, sekitar 400.000 orang terkena dampak banjir, kata juru bicara perlindungan sipil Agus Wibowo.

Setelah 18 jam hujan terus menerus, sungai meluap dan membanjiri daerah pemukiman, mobil tersapu oleh genangan air. Ibu kota Jakarta dan sekitarnya dengan sekitar 30 juta penduduk terkena dampaknya. Di sana air telah menurun drastis.

Otoritas cuaca telah memperingatkan hujan lebat lebih lanjut – setidaknya hingga 10 Januari. Untuk menghindari banjir lebih lanjut di daerah padat penduduk, hujan harus dihasilkan secara artifisial di tempat lain, seperti yang diumumkan oleh otoritas terkait untuk pengaruh kondisi cuaca. Bahan kimia disemprotkan ke awan di udara. Tujuannya agar hujan turun di laut.

Seringnya banjir di Indonesia menjadi salah satu argumen yang mendukung keputusan untuk merelokasi ibu kota negara pulau terbesar di dunia (sekitar 265 juta orang) itu ke pulau Kalimantan. Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa pemerintah dan parlemen diperkirakan akan bergerak di dekat kota Balikpapan di Kalimantan timur mulai tahun 2024.

Menurut perhitungan para ahli, Jakarta berisiko tenggelam: sekitar 20% wilayahnya sekarang berada di bawah permukaan laut. Menurut sebuah studi oleh Institut Teknologi Bandung, sepertiga kota bisa jadi berada di air pada tahun 2050. Selain itu, ibu kota negara Muslim terpadat di dunia ini telah berulang kali dilanda gempa bumi hebat.

READ  Melissa salah satu peserta Indonesian Idol telah meninggal dunia hingga tahap penghapusan selesai
Written By
More from Mujahid Jaffer

Pejabat Pakari Kalina Oktarani, Vicki Prasio kesal dengan pengaturan tersebut

Jakarta, Insertlive – Kabar baik Itu berasal dari Vicki Prasio. Pria berusia...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *