Kremlin turun tangan: Putin mengusulkan mediasi antara Belarus dan UE

Kremlin terlibat
Putin mengusulkan mediasi antara Belarus dan UE

Hingga beberapa hari lalu, Rusia ingin menjauhi konflik Belarusia. Sekarang Presiden Putin menyatakan dirinya siap untuk menengahi antara UE dan Minsk. Pemimpin Belarusia Lukashenko dituduh menyelundupkan migran ke UE sebagai alat tekanan.

Dalam krisis yang melibatkan ribuan migran di perbatasan Polandia-Belarusia, Rusia telah menawarkan untuk menengahi antara Belarus dan Uni Eropa. Ketika ditanya bagaimana Moskow dapat membantu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, menurut kantor berita Interfax: “Dalam hal ini hanya sebagai negosiator”.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menawarkan bantuan, tetapi tidak mengatakan seperti apa praktiknya. Kepala Kremlin juga menyatakan harapan untuk percakapan antara Kanselir Angela Merkel yang akan keluar dan pemimpin Belarusia yang otoriter Alexander Lukashenko.

Baru minggu lalu, Putin menolak permintaan Kanselir Angela Merkel untuk mempengaruhi Belarus. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen juga meminta Putin untuk menggunakan pengaruhnya atas kepala negara Belarusia Alexander Lukashenko. Putin “pasti” memiliki pengaruh itu, kata von der Leyen dalam sebuah video sambutan di “SZ Economic Summit” di Berlin.

“Saya pikir sangat penting bahwa dia menggunakan pengaruh itu sekarang, karena beberapa hari ke depan akan terlihat.” Pendekatan Lukashenko adalah “berbahaya”. Oleh karena itu, sanksi putaran kelima oleh UE adalah konsekuensi logisnya. “Kami tertutup dan kami cepat.” Ini juga mempengaruhi maskapai yang terlibat dalam mengangkut pengungsi.

Kepala negara Rusia memiliki hubungan langsung dengan Lukashenko, yang dituduh Uni Eropa membawa orang-orang dari daerah krisis ke Belarus untuk menyelundupkan mereka ke Eropa. Diasumsikan bahwa Lukashenko, yang sering dikritik sebagai “diktator terakhir di Eropa”, menggunakan migran sebagai pengaruh untuk memaksa Barat berdialog. Uni Eropa tidak mengakui Lukashenko sebagai presiden sejak pemilihan presiden tahun lalu, yang dianggap palsu.

READ  Rover Zhurong dari China: foto pertama permukaan Mars
Written By
More from Lukman Haq
Keputusan lain: ECJ sekali lagi menolak reformasi peradilan di Polandia
Status: 07/15/2021 11:45 Konflik antara UE dan Polandia mengenai reformasi peradilan memasuki...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *