Kota terbesar Nigeria, Lagos: mati dalam runtuhnya gedung pencakar langit

Status: 02.11.2021 16:26

Di kota metropolitan Lagos, Nigeria, sebuah bangunan 21 lantai runtuh. Sedikitnya 15 orang tewas. Menurut saksi mata, hingga 100 orang hilang.

Sedikitnya 15 orang tewas pada Senin ketika gedung pencakar langit yang masih dalam pembangunan runtuh di kota terbesar Nigeria, Lagos. Inilah yang diumumkan oleh kepala layanan penyelamatan negara. Pejabat Olufemi Oke-Osanyintolu mengatakan operasi pencarian dan penyelamatan untuk para penyintas dari insiden tersebut telah diluncurkan. Tim penyelamat mencari puing-puing dengan ekskavator.

Puluhan orang masih dikatakan berada di bawah reruntuhan.

Gambar: REUTERS

Banyak orang yang dicurigai di bawah reruntuhan

Menurut perlindungan sipil, beberapa orang terluka. Puluhan orang diyakini berada di bawah reruntuhan, kata petugas penyelamat – namun jumlah pastinya tidak jelas. Mason Wisdom John, 28, mengatakan kepada wartawan AFP pada hari Senin bahwa lebih dari 50 orang bekerja di gedung 21 lantai, yang masih dalam pembangunan, pada hari Senin. Dia bisa mendapatkan keselamatan tepat waktu dan lolos dengan beberapa luka. Menurut saksi mata, bahkan ada lebih dari 100 orang di dalam gedung.

Komisaris Polisi Negara Bagian Lagos Hakeem Olusegun Odumosu mengatakan terlalu dini untuk menebak penyebab keruntuhan. Puluhan warga yang marah berkumpul di lokasi kecelakaan. Banyak yang menangis dan mengkritik lambatnya operasi penyelamatan. Beberapa tentara menahan kerumunan penonton.

Pencarian mereka yang terkubur sedang berlangsung. Alat berat digunakan dalam upaya untuk mendorong kembali pelat beton.

Gambar: REUTERS

Bangunan runtuh tidak jarang terjadi

Ikoyi adalah salah satu distrik perumahan dan bisnis terkaya di kota metropolitan Lagos. Runtuhnya bangunan tidak jarang terjadi di Nigeria karena bahan yang lebih rendah sering digunakan dalam konstruksi dan peraturan tidak diikuti.

READ  Tentara India Menangkap Pasukan Tiongkok di Ladah

Pada tahun 2014, lebih dari 100 orang tewas dalam runtuhnya wisma gereja di Lagos.

Written By
More from Lukman Haq
‘Jumlah infeksi yang tidak masuk akal’: dokter menyerukan penguncian selama berbulan-bulan
Jumat 1 Januari 2021 “Infeksi yang sangat banyak” Dokter meminta penguncian selama...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *