Koresponden BBC meninggalkan China untuk alasan keamanan

Seorang koresponden Cina untuk penyiar Inggris BBC meninggalkan negara itu karena khawatir akan keselamatannya. Seperti yang dilaporkan BBC, John Sudworth mengikutinya Taiwan dan sekarang akan melanjutkan pekerjaannya sebagai reporter dari sana.

Klub Koresponden Asing di China (FCC) mengatakan Sudworth pergi setelah sembilan tahun di China pekan lalu “karena kekhawatiran akan keselamatannya dan keluarganya.” Istri Sudworth, Yvonne Murray, seorang koresponden untuk penyiar Irlandia RTE, juga melakukan perjalanan ke Taiwan bersamanya, menurut FCC.

“Karya John telah mengungkapkan kebenaran yang ditolak oleh otoritas China kepada dunia,” kata BBC. Di situs web penyiar laporan yang diterbitkan dia juga mengatakan Sudworth dan timnya menjadi sasaran pengawasan, kecacatan, dan intimidasi di mana pun mereka mencoba membuat film.

“Realitas gelap bagi jurnalis”

Menjadi semakin sulit untuk bekerja sebagai jurnalis di China, kata Sudworth kepada radio BBC. “Kami pergi dengan tergesa-gesa dan diikuti oleh polisi berpakaian preman untuk check-in di bandara. Ini kenyataan yang menyedihkan bagi jurnalis di China, ”katanya kepada acara BBC.

China menyiarkan Inggris pada bulan Februari Penyiar asing BBC World News telah menghentikan operasinya – karena dugaan “konten ilegal”. Sebelumnya, negara Cina Penyiar internasional CGTN di Inggris Raya, lisensi penyiaran telah dicabut. Regulator media Inggris Ofcom membenarkan hal ini atas dasar kurangnya independensi penyiar.

Media pemerintah China kemudian meluncurkan kampanye besar-besaran melawan BBC, menuduh jurnalis berbohong tentang China. Republik Rakyat telah menindak sejumlah jurnalis asing dalam beberapa tahun terakhir. Wartawan dari negara-negara dengan hubungan yang tegang dengan China secara khusus merasakan tekanan dari pihak berwenang.

Written By
More from Lukman Haq

Biden menjelaskan kepada publik: tidak percaya pada Trump

Biasanya, presiden AS yang tidak hadir juga memiliki akses ke informasi rahasia....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *