Korban tewas gempa Indonesia meningkat | Di Asia Saat Ini | DW

Daerah terdampak meluas dari Pulau Flores di Provinsi Nusa Tinggara Timur hingga Timor Timur. Jumlah korban tewas bertambah menjadi 113 orang. Namun, para pejabat memperkirakan jumlahnya akan meningkat.

“86 orang telah meninggal tetapi jumlah ini sangat bervariasi dan pasti akan berubah,” kata Raditia Digati, juru bicara Badan Perlindungan Sipil Indonesia. “Lumpur dan cuaca menjadi tantangan serius dan puing-puing menghambat tim SAR,” kata Digati.

Sebagian besar bagian timur pulau-pulau Indonesia terkena dampak topan.

“Kami menduga banyak orang telah terkubur, tetapi tidak jelas berapa banyak yang hilang,” kata Alfonso Hada Betan, direktur Badan Perlindungan Sipil Florence.

Ratusan orang telah mengungsi di wilayah Nusa Tenggara Timor Timur, yang mencakup banyak pulau. Banyak jembatan yang ambruk. Jalan juga akan ditutup oleh pohon tumbang, kata badan bencana. Hal ini membuat operasi pencarian dan penyelamatan menjadi lebih sulit. “Empat desa masih sepenuhnya terputus,” kata Thomas Ola, ketua distrik Lembata, menurut Kantor Pers Jerman. Sedikitnya 18 orang tewas dalam tanah longsor di lepas pulau Lambata, timur Bali.

Ada juga orang mati di Timor Timur, sebuah kota kecil. Sedikitnya 27 orang tewas akibat tanah longsor dan banjir di dekat ibu kota, Dili, kata para pejabat.

Banjir dan tanah longsor di Indonesia setelah hujan lebat

Perubahan iklim memprediksi perubahan iklim Indonesia

Tanah longsor dan banjir tidak jarang terjadi di pulau-pulau Indonesia selama musim hujan antara bulan Oktober dan April. Badan perlindungan sipil negara itu memperkirakan bahwa setengah dari populasi negara itu – 125 juta orang – tinggal di daerah yang rawan tanah longsor.

Otoritas Ilmu Iklim dan Meteorologi memperkirakan hujan lebat, angin kencang, dan angin kencang di beberapa bagian Asia Tenggara dalam beberapa hari mendatang.

READ  Pesawat ruang angkasa NASA mendarat di steroid, menjelajahi tata surya

qu / ww (rtr, afp, dpa)

Written By
More from Saddam Javed
Nokia 3.4 dan Nokia 2.4 dilepas dengan harga Rp 2 jutaan
Memuat… Jakarta HMD Global, sebagai pemilik merek dagang Nokia, Keluarga ponsel terbaru...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *