Konflik Taiwan: China merusak hubungan dengan Lithuania

Kepada: 21.11.2021 11:03

China telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Lithuania dan tidak lagi ingin mengirim duta besar ke negara itu. Keputusan ini menyusul pembukaan kantor perwakilan di Taiwan di Vilnius.

Karena sengketa klaim kemerdekaan Taiwan, China merendahkan hubungan diplomatik dengan negara Uni Eropa, Lithuania. Hubungan akan dikurangi ke tingkat kuasa usaha untuk menjaga “kedaulatan China dan standar dasar hubungan internasional,” kata Kementerian Luar Negeri di Beijing.

Negara itu tidak akan lagi mengirim duta besar ke negara Baltik. Sebaliknya, China di masa depan akan memiliki perwakilan diplomatiknya di Lituania yang diatur oleh kuasa usaha di bawah tingkat duta besar.

China tidak setuju dengan Lithuania atas keputusannya untuk meningkatkan hubungan dengan republik pulau Taiwan. Taiwan pada hari Kamis membuka kantor perwakilan dengan namanya sendiri di Lithuania. Karena tekanan dari Republik Rakyat, Taiwan secara umum menyebut kedutaan besar de facto di luar negeri sebagai “perwakilan Taipei”.

Lithuania menyesali penurunan peringkat

Vilnius mengatakan dia menyesali keputusan Beijing. “Lituania menegaskan kembali kepatuhannya pada ‘kebijakan satu China’,” kata Kementerian Luar Negeri. Namun, negara tersebut memiliki “hak untuk memperluas kerja samanya dengan Taiwan, termasuk pembentukan misi non-diplomatik.”

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri China pada hari Kamis mengatakan pembukaan konsulat resmi Taiwan di luar negeri adalah “tindakan yang sangat memalukan.” Beijing menuntut “bahwa pihak Lituania segera memperbaiki keputusan buruk ini”.

Ketika Lithuania membersihkan Taiwan pada bulan Juli, memiliki agensi di Vilnius atas nama Anda sendiri, China telah menarik duta besarnya dan meminta pemerintah Lituania untuk juga menarik duta besarnya untuk Beijing. Selain itu, China telah menghentikan kereta barang ke Lithuania dan tidak lagi memberikan izin impor makanan kepada negara tersebut.

READ  "Menurutmu, berapa lama kamu bisa bertahan?"

Kemunduran Tiongkok di Eropa Timur

China menganggap Taiwan yang demokratis, yang terpisah dari daratan pada tahun 1949, sebagai provinsi separatis daripada negara merdeka, dan mencoba mengisolasinya secara internasional. Republik Rakyat menolak segala bentuk hubungan formal antara negara lain dan republik pulau. Keputusan Lithuania untuk memperdalam hubungan dengan Taiwan merupakan kemunduran lain bagi China di Eropa Timur, di mana lebih banyak negara yang berpaling dari Beijing dengan kekecewaan.

Di satu sisi, harapan untuk kerjasama ekonomi belum terwujud; di sisi lain, China semakin dikritik – misalnya karena pengaruh politiknya, pengabaian terhadap supremasi hukum dan pelanggaran hak asasi manusia di Republik Rakyat.

Written By
More from Lukman Haq
Pemilihan legislatif di Moldova: partai pro-Barat memimpin
Status: 12/07/2021 3:12 pagi Dalam pemilihan legislatif di Moldova, kemenangan jelas bagi...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *