Komet 2014 UN271: Pengunjung hebat ditemukan dari batas terluar tata surya

Dua astronom mungkin telah menemukan benda angkasa terbesar hingga saat ini, yang berasal dari apa yang disebut awan Oort, di tepi tata surya. Objek yang ditemukan oleh Pedro Bernardinelli dan Gary Bernstein disebut UN 2014271 dan ditemukan dalam rekaman survei langit Dark Energy Survey (DES) besar-besaran. Masih ada spekulasi apakah ini komet yang sangat besar atau bahkan planet kerdil. 2014 adalah PBB271 lebih dari 20 SA (satuan astronomi) dari matahari, pada awal 2031, ia akan mendekati bintang asli kita tepat di bawah 11 SA, sedikit di luar orbit Saturnus.

Seperti Bernardinelli salah satu penemunya dijelaskan di Twitter, benda angkasa itu ditemukan sebagai bagian dari pencarian komprehensif data yang telah dikumpulkan sebagai bagian dari Survei Energi Gelap. Survei langit besar yang dilakukan antara tahun 2013 dan 2019, hanya beberapa minggu yang lalu, puluhan makalah ilmiah berdasarkan itu dipresentasikan. Menurut Bernardinelli, 2014 adalah UN271 dikenali pada rekaman dari 2014 hingga 2018, karenanya tahun atas nama sementara. Mereka tidak bisa melihat ekor pada objek, yang pada waktu itu masih hampir 30 AU dari matahari, tetapi aktivitasnya sekarang sudah terdeteksi selama pengamatan lanjutan pertama. Objek membutuhkan beberapa ratus ribu, jika tidak lebih dari satu juta tahun untuk mengorbit matahari.

Karena komunitas astronomi sangat senang dengan penemuan dan harapan besar akan banyak penampakan, 2014 akan melihat PBB271 jangan terlalu dekat dengan tanah dan matahari yang juga akan terlihat oleh masyarakat umum. Seperti astronom Meg Schwamba dijelaskan kepada Gizmodo, itu mengandaikan bahwa ukuran bintang antara 100 dan 150 kilometer. Jika benar-benar mengembangkan ekor, itu akan menjadi salah satu komet terbesar yang diketahui semua orang. Meskipun demikian, yang ada di Bumi hanya akan seterang planet kerdil Pluto dan paling baik dilihat dari belahan bumi selatan. Bagaimanapun, para peneliti berharap banyak pengetahuan tentang awan Oort, dari mana asalnya dan yang sejauh ini hanya dijelaskan secara teoritis.

READ  Pembaruan WhatsApp: pesan suara lebih cepat - FFH.de


(mhh)

Ke halaman rumah

Written By
More from Munir Rad

Soal penikaman Syekh Ali Jaber, Arie Untung berkomentar

Minggu, 13 September 2020 – 23:31 WIB Arie yang beruntung. Foto: Instagram...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *