‘Koalisi untuk Perubahan’ gemetar: Israel di ambang mengakhiri era Netanyahu

“Koalisi untuk Perubahan” bergetar
Israel mendekati akhir era Netanyahu

Bagi Benjamin Netanyahu, waktunya sepertinya sudah berakhir. Setidaknya jika “koalisi untuk perubahan” hari ini memperoleh mayoritas di parlemen. Jika itu tidak berhasil, pemilihan ulang akan dilakukan.

Parlemen Israel hari ini memberikan suara pada pemerintahan baru tanpa perdana menteri lama Benjamin Netanyahu. Jika aliansi oposisi delapan partai memenangkan kepercayaan mayoritas anggota parlemen di sesi Knesset yang luar biasa, era Netanyahu akan berakhir. “Koalisi untuk Perubahan”, bagaimanapun, hanya memiliki mayoritas kecil.

Pemimpin oposisi Jair Lapid dari partai liberal Yesch Atid mengumumkan pembentukan pemerintah aliansi luas pada 3 Juni, setelah negosiasi maraton dan tak lama sebelum batas waktu hukum berakhir. Ekstremis nasionalis Naftali Bennett diperkirakan awalnya menjabat sebagai Perdana Menteri selama dua tahun. Maka itu harus diganti dengan Lapid. Jika aliansi tidak memenangkan kepercayaan dari anggota parlemen, Israel akan menghadapi pemilihan parlemen kelima dalam waktu sekitar dua tahun.

Sejak Juli 2020, banyak orang Israel berdemonstrasi setiap hari Sabtu mendukung pengunduran diri Netanyahu, yang terhadapnya proses korupsi sedang berlangsung. Pemimpin partai Likud telah menjadi kepala pemerintahan terus menerus sejak 2009, sebelum itu dari 1996 hingga 1999. Ini menjadikannya perdana menteri terlama di Israel.

Menjelang pemungutan suara di parlemen, sekitar 2.000 orang Israel kembali berdemonstrasi menentang Netanyahu. “Kami berada di ambang meninggalkan era gelap Israel,” kata Ram Shamir, salah satu pengunjuk rasa di luar kediaman kepala pemerintahan di Yerusalem. Pemrotes lain yakin bahwa pemerintah tanpa Netanyahu akan dikonfirmasi pada hari Minggu. “Ini Sabtu terakhir kami di sini. Kami menang,” kata Gali Israel Tal.

READ  Pemilu di Catalonia: separatis memperoleh mayoritas - ekstrapolasi
Written By
More from Lukman Haq

Nama di balik acara – ID Gambar.

Sosok I.D. – Akira Haruruya tidak pernah merasa sehat tanpa cacat. Tidak,...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *