Kilometer awan abu: Gunung Merapi telah meletus

JakartaGunung berapi paling aktif di Indonesia, Merapi, meletus dua kali berturut-turut pada hari Minggu. Gunung berapi di pulau Jawa mendorong awan abu setinggi enam kilometer ke langit, seperti yang diumumkan otoritas geologi Indonesia. Warga disuruh menghindari daerah sekitar gunung berapi.

Hujan abu turun di beberapa desa di dekat gunung berapi setinggi 2.930 meter itu. Pihak berwenang memberi tahu orang-orang untuk menghindari zona bahaya dua mil di sekitar kawah. Letusan dilaporkan berlangsung total tujuh menit. Tingkat kewaspadaan gunung berapi belum dinaikkan. Namun, pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan untuk penerbangan sipil.

Merapi adalah salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Dalam wabah besar terbaru pada tahun 2010, lebih dari 300 orang tewas. Sekitar 280.000 orang harus meninggalkan rumah mereka pada saat itu. Pada tahun 1930, sekitar 1.300 orang tewas akibat letusan Merapi.

Indonesia dengan hampir 130 gunung berapi terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik. Beberapa lempeng tektonik bertabrakan di sana, sehingga gempa bumi dan letusan gunung berapi sering terjadi.

READ  Elkan Bagot, TC Indonesia U-19 Timnas 33 pemain Ozone Bola
Written By
More from Naji Farid

Dominic Calvart-Levin, Filippo Inzagi-dan Everton

Liverpool Liverpool L – Dominic Calvart-Levin Mereka tampak hijau Everton. Secara khusus,...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *