Kesepakatan Dewan Keamanan: PBB dapat terus mengirimkan bantuan ke Suriah

Status: 07/09/2021 20:10

Jika pos perbatasan Bab al-Hawa ditutup, itu akan berdampak besar pada pengiriman bantuan PBB ke Suriah. Pada menit terakhir, Dewan Keamanan mencapai kompromi untuk mencegah hal ini terjadi.

Jutaan warga Suriah yang membutuhkan dapat mengandalkan bantuan kemanusiaan PBB untuk satu tahun lagi. Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menyetujui kompromi untuk kelanjutan mekanisme bantuan penting di negara itu dalam perang saudara. Ini adalah pos perbatasan Turki-Suriah di Bab al-Hawa, di mana bantuan dapat dikirim langsung ke Suriah utara. Sekarang seharusnya tetap terbuka untuk pengiriman bantuan PBB.

Latar belakang adalah resolusi PBB yang telah ada sejak 2014 dan dikatakan telah berakhir pada hari Sabtu. Penyelesaian tersebut memungkinkan PBB untuk memindahkan pasokan bantuan besar melalui penyeberangan perbatasan di beberapa bagian negara dalam perang saudara yang tidak dikendalikan oleh pemerintah.

Rusia, yang mendukung kepemimpinan kepala negara Suriah Bashar al-Assad, telah mengisyaratkan dalam beberapa bulan terakhir bahwa mereka juga ingin menutup yang terakhir dari empat penyeberangan perbatasan – Bab al-Hawa di barat laut. Sebaliknya, pasokan bantuan pertama-tama harus disalurkan ke ibu kota Damaskus, yang dikendalikan oleh penguasa Suriah, dan dari sana dikirim ke daerah pemberontak.

Sebuah “titik balik” dalam hubungan

Namun Rusia akhirnya menyerah. Sebuah kompromi yang dicapai dengan Amerika Serikat memungkinkan pos perbatasan tetap dibuka selama enam bulan. Penyelesaian ini akan diperpanjang secara otomatis selama enam bulan, sesuai dengan laporan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres tentang transparansi pengiriman bantuan dan kemajuan yang dicapai dalam pengiriman ke garis depan di Suriah.

READ  Putin marah karena media Prancis menerbitkan kartun Nabi Muhammad

Baik Amerika Serikat maupun Rusia menyambut kompromi yang dicapai dengan kata-kata ramah yang luar biasa. Duta Besar Rusia untuk PBB Vasily Nebsya mengatakan ini bisa menjadi “titik balik” bagi hubungan kedua negara.

Duta Besar AS Linda Thomas-Greenfield mengatakan: “Saya benar-benar melihat ini adalah momen penting dalam hubungan kita. Dan ini menunjukkan apa yang dapat kita capai dengan Rusia jika kita secara diplomatis bekerja dengan mereka untuk tujuan bersama.” Dia berharap untuk terus bekerja dengan Moskow pada topik yang menjadi minat bersama.

Banyak warga Suriah tinggal di kamp-kamp pengungsi seperti ini di dekat kota Atma di provinsi Idlib (file image)

Konstruksi: AP

Welthungerhilfe: “Sangat melegakan”

PBB dan badan-badan bantuan telah memperingatkan bencana kemanusiaan jika peraturan yang ada tidak dipertahankan. Lebih dari dua juta orang di daerah pemberontak di utara dan barat laut Suriah bergantung pada bantuan Turki. Menurut PBB dan banyak ahli, jika bantuan hanya dibawa ke negara itu melalui Damaskus, Assad akan memiliki kendali atas siapa yang dia berikan bantuan dan siapa yang tidak.

Organisasi bantuan bernapas lega. Keputusan Dewan Keamanan adalah “sangat melegakan,” kata koordinator Syria Welthungerhilfe Konstantin Witschel. Tetapi pada saat yang sama, dia memperingatkan bahwa tidak boleh dilupakan bahwa status quo hanya dipertahankan di sini. “Bahkan dengan resolusi, situasi kemanusiaan di barat laut Suriah sangat buruk.”

Secara total, sekitar empat juta warga Suriah tinggal di daerah itu, kebanyakan dari mereka mengungsi di kamp-kamp, ​​rumah setengah jadi dan perumahan miskin serupa. Bab al-Hawa, yang digunakan oleh sekitar 1.000 truk per bulan atas nama PBB, dianggap di sini sebagai “jalur hidup”.

READ  Seorang pemberi pengaruh langsung tentang pembakaran mantan suaminya selama obrolan langsung

Written By
More from Lukman Haq

Au pair Jerman berpaling di perbatasan Inggris

Beberapa au pair Jerman telah ditolak masuk ke Inggris. Menurut laporan media,...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *