Kelebihan beban dan rasa tidak aman: Karyawan Tesla di Grünheide tidak senang

kelebihan beban dan rasa tidak aman
Karyawan Tesla di Grünheide tidak senang

Hal-hal tidak terlihat baik untuk Elon Musk – baik di Twitter maupun di Tesla. Di pabrik pertama Tesla di Jerman, semakin banyak karyawan yang mengeluhkan kondisi kerja yang keras. Menurut media, beberapa karyawan bahkan takut diawasi secara digital.

Di pabrik pabrikan mobil listrik Amerika Tesla di Grünheide dekat Berlin, kondisi kerja dikritik. Menteri Ekonomi Brandenburg Jörg Steinbach meminta perusahaan untuk melakukan perbaikan, seperti yang dilaporkan oleh “Handelsblatt”. Perwakilan IG Metall sebelumnya mengeluhkan sistem kerja shift yang membebani karyawan dan tidak ada kesepakatan bersama.

Tesla adalah satu-satunya pembuat mobil di Jerman tanpa kesepakatan bersama, kata pemimpin sayap karyawan SPD Cansel Kiziltepe kepada “Handelsblatt”. “Sekarang kita bisa melihat apa yang menyebabkan hal ini: kelebihan beban, rasa tidak aman, dan spionase di tingkat eksekutif.” Sekretaris Parlemen Negara di Kementerian Pembangunan Federal berbicara tentang pentingnya kemitraan sosial yang “konstruktif” di Jerman: “Siapa pun yang tidak menyadari hal ini mungkin berinvestasi di tempat yang salah di Jerman.

Menurut IG Metall, tenaga kerja Tesla tidak senang dengan sistem kerja shift yang penuh tekanan, lembur akhir pekan yang sering, dan beban kerja keseluruhan yang sangat tinggi. Banyak karyawan juga takut dipantau secara digital di tempat kerja.

Menteri Steinbach memperingatkan perusahaan Amerika bahwa kondisi kerja yang menarik juga penting untuk keberhasilannya: “Mengingat kekurangan pekerja terampil dan pekerja di Brandenburg, hanya perusahaan yang dapat merekrut cukup banyak pekerja terampil dan pekerja jangka panjang dalam persaingan untuk dan mempertahankan staf , yang memberikan kondisi kerja yang menarik dalam hal pekerjaan yang baik.”

Pada awal Desember, situs berita Amerika “Wired” melaporkan bahwa pabrik pertama Tesla di Jerman tidak dapat menemukan cukup banyak karyawan. Menurutnya, sejak pembukaan pabrik Grünheide pada Maret 2022, hanya 7.000 dari 12.000 posisi kosong yang telah terisi. Selain itu, situs ini terus kehilangan spesialis terlatih karena gaji yang rendah. Seorang karyawan mengatakan kepada surat kabar tentang “kekacauan total”.

READ  "Bild.de" & Co. - banyak situs web Jerman tidak dapat diakses
Written By
More from Hulwi Zafar
Menurut para peneliti, umur dapat diperpanjang melalui blockchain
Pemberitahuan untuk para penggemar stempel dan kripto dari Swiss, stempel kripto pertama...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.