Kekeringan di Eropa selatan: hingga 45 derajat dan kebakaran hutan yang tak terhitung jumlahnya

Status: 07/15/2022 11:05

Ada kebakaran di sekitar Laut Mediterania, di banyak negara petugas pemadam kebakaran dan layanan penyelamatan bekerja di batas. Dan situasinya kemungkinan akan menjadi lebih buruk akhir pekan ini: suhu hingga 45 derajat diperkirakan.

Masih belum ada akhir yang terlihat dari panas dan kekeringan di Eropa selatan. Petugas pemadam kebakaran dan pasukan keamanan harus siap untuk memerangi sejumlah kobaran api menjelang akhir minggu. Menurut ahli meteorologi, periode gelombang panas di Spanyol dan Prancis selatan akan berakhir paling cepat pada Selasa pekan depan.

Peringatan panas masih berlaku di 16 dari 17 komunitas otonom Spanyol. Di wilayah Andalusia di selatan dan Extremadura di barat negara itu, suhu diperkirakan akan naik hingga 44 dan 45 derajat Celcius di bawah naungan. Di Spanyol, hanya Kepulauan Canary di lepas pantai barat Afrika yang terhindar dari panas ekstrem. Layanan meteorologi Spanyol mengatakan gelombang panas itu akan menjadi salah satu yang terpanjang dalam jangkauan dan durasi sejak pencatatan dimulai pada tahun 1975.

Kebakaran hutan serius di Prancis

Prancis juga mengklaim bahwa gelombang panas saat ini sangat intens dan tahan lama. Tingkat peringatan panas oranye berlaku di sebelas departemen, dan suhu sekitar 40 derajat diperkirakan akan tercapai di beberapa tempat hari ini. Kebakaran hutan masih berkobar di pantai Atlantik Prancis di selatan Bordeaux. Sementara itu, lebih dari 5.300 hektar lahan telah terkena dampak kebakaran dan lebih dari 10.000 orang telah dibawa ke tempat yang aman. Kekhawatiran terakhir adalah angin, yang mendorong api ke daerah berpenduduk.

Kebakaran hutan yang menyebar dengan cepat juga dilaporkan terjadi di selatan Avignon kemarin sore. Perlindungan Sipil telah memperingatkan risiko kebakaran tertentu di Lembah Rhone di sana, di mana Mistral – angin musim gugur yang kuat khas wilayah tersebut – kemungkinan akan menyapu daerah kering hari ini dan besok.

READ  Dia mencari ganti rugi: Trump menggugat Clinton atas kasus Rusia

Kebakaran dan keadaan darurat di Italia

Italia juga telah berjuang melawan kekeringan selama berminggu-minggu. Di lima wilayah utara di sepanjang Sungai Po Oleh karena itu, pemerintah telah menyatakan keadaan darurat., daerah lain bisa menyusul. Kebakaran semak dan kebakaran hutan terjadi lagi dan lagi. Tadi malam, petugas pemadam kebakaran mengumumkan bahwa mereka telah memadamkan kebakaran hutan besar di dekat Genoa. Risiko kebakaran masih besar di Sisilia dan Sardinia.

Kebakaran hutan besar juga terjadi di South Tyrol dan Danau Garda. Di South Tyrol, petugas pemadam kebakaran memadamkan api besar di daerah hiking dekat Frauwaal semalam. Sekitar 150 petugas pemadam kebakaran dikerahkan, kata petugas pemadam kebakaran. Tim berhasil memadamkan api setelah beberapa jam. Kebakaran terjadi lagi di bagian utara Danau Garda, dekat kotamadya Nago Torbole, kata juru bicara provinsi otonom Trento. Petugas pemadam kebakaran sebelumnya sudah bisa mengendalikan kebakaran serius di gunung Monte Baldo di atas lahan seluas sekitar 45 hektar itu selama beberapa hari.

konsekuensi dari perubahan iklim

Di Yunani, petugas pemadam kebakaran kembali mewaspadai risiko kebakaran hutan yang sangat tinggi di daerah tertentu. Tingkat siaga empat dari lima berlaku untuk Athena dan sekitarnya serta timur laut semenanjung Peloponnese dan pulau-pulau seperti Kreta, Lesbos, dan Samos. Menurut layanan darurat, telah terjadi 264 kebakaran hutan dalam tujuh hari terakhir saja – ada hampir 2.500 sejak awal musim kebakaran pada awal Mei.

Organisasi Meteorologi Dunia memperingatkan minggu ini bahwa gelombang panas menyebar dan meningkat di sebagian besar Eropa. Menurut laporan PBB dari Februari 2022, jumlah kebakaran hutan ekstrem akan meningkat 30% selama 28 tahun ke depan karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

READ  Empat astronot kembali dari ISS tanpa toilet yang berfungsi

Written By
More from Lukman Haq
Prancis: penemuan paus abu-abu muda di lepas pantai selatan negara itu
Seekor paus abu-abu muda pertama kali terlihat di lepas pantai selatan Prancis,...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.