Kegilaan PBB – Qatar untuk mendapatkan ketua komite hak asasi manusia – kebijakan luar negeri

Ini mungkin adalah organ PBB yang paling gila: Dewan Hak Asasi Manusia. Mengapa? Karena di sana, perwakilan diktator mengalihkan perhatian dari bagaimana mereka sendiri mencemooh hak asasi manusia – dengan berulang kali mengutuk negara demokratis.

Sejak 2021 selama tiga tahun: Rusia, Cina, Arab Saudi. Kedengarannya seperti lelucon yang buruk, tapi itulah kenyataan yang menyedihkan.

Sekarang negara lain akan mengambil kursi kepresidenan yang sama sekali tidak membela hak asasi manusia, demokrasi, dan supremasi hukum: Qatar!

Selama bertahun-tahun, emirat Qatar telah berdiri untuk kebalikan dari demokrasi dan supremasi hukum. Sebuah negara di mana homoseksualitas adalah pelanggaran yang dapat dihukum dengan cambuk, beberapa tahun penjara dan bahkan kematian, di mana perempuan ditindas. Di mana lebih dari 6.500 pekerja tamu tewas di lokasi konstruksi sejak Qatar memenangkan Piala Dunia 2022.

Negara ini seharusnya memimpin sebuah badan yang sebenarnya memiliki misi melindungi hak asasi manusia di seluruh dunia.

Sudah menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia, Qatar telah menunjuk mantan anggota Dewan Syura rezim untuk memimpin forum: Hend Abdalrahman Al-Muftah, yang saat ini adalah perwakilan Qatar untuk PBB di Jenewa.


Kandidat Hend Abdalrahman Al-Muftah dengan Tatiana Valovaya, Direktur Jenderal Kantor PBB di Jenewa pada bulan JuliFoto: Misi Qatar di Jenewa/Twitter

Sesi keempat forum, yang diramalkan dalam resolusi 2021, dijadwalkan pada 24 dan 25 November 2022 dengan tema “Memperkuat demokrasi untuk pemulihan yang lebih baik: tantangan dan peluang”.

Aplikasi ini menuai kritik keras dari UN Watch, sebuah organisasi hak asasi manusia non-pemerintah yang independen.

UN-Watch menyerukan kepada Presiden Dewan Hak Asasi Manusia, Federico Villegas, untuk menolak pencalonan Qatar dan untuk mengakhiri tontonan absurd rezim penindas yang diberikan posisi tinggi di badan-badan PBB yang berurusan dengan hak asasi manusia, rakyat dan demokrasi.

READ  Putri Mahkota Elizabeth menginspirasi dalam tampilan musim panasnya yang merah cerah
Written By
More from Lukman Haq
Xi Jinping menyerukan “penyatuan kembali” dengan Taiwan
Diperbarui 9 Oktober 2021 14:22 Setelah sejumlah rekor pesawat militer China memprovokasi...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.