Kali ini setelah mendarat: Roket SpaceX kembali terbakar

Kali ini hanya setelah mendarat
Roket SpaceX kembali terbakar

Elon Musk ingin membawa orang ke luar angkasa dengan perusahaan antariksa miliknya, SpaceX. Namun uji terbang masih belum berjalan sesuai harapan. Dua prototipe meledak di udara. Untuk pertama kalinya, roket uji sekarang dapat dimuat – misil masih terbakar.

Setelah dua kemunduran, prototipe roket “Starship” baru mendarat dengan selamat untuk pertama kalinya dalam uji terbang oleh perusahaan luar angkasa swasta SpaceX – dan baru kemudian meledak. Selama pengujian di negara bagian Texas, AS, yang disiarkan langsung oleh perusahaan, roket tak berawak itu mendarat dengan selamat di tanah tak lama setelah lepas landas – kemudian dinyalakan beberapa menit kemudian.

Mengapa misil itu meledak pada awalnya tidak jelas. “Tujuan utama uji terbang hari ini adalah mengumpulkan cukup data tentang cara mengendalikan pesawat ruang angkasa saat masuk kembali (ke atmosfer Bumi),” kata insinyur SpaceX John Insprucker. “Dan kami berhasil melakukannya.”

Beberapa jam sebelumnya, upaya pertama terhenti sepersekian detik sebelum jadwal mulai, tetapi para insinyur memutuskan untuk mencoba lagi segera setelah itu.

Selama dua tes sebelumnya pada bulan Desember dan Februari, pendaratan tidak berhasil. Pada bulan Desember, sebuah prototipe meledak saat mendarat karena ada masalah dengan sistem bahan bakar; pada bulan Februari, sebuah prototipe jatuh ke tanah yang tampaknya tidak terkendali karena kerusakan teknis di lokasi pengujian dan tertelan bola api.

SpaceX bermaksud untuk menggunakan penerbangan uji coba untuk menguji masing-masing bagian roket. Menurut rencana pendiri SpaceX Elon Musk, roket “Starship” suatu hari nanti akan mengangkut barang dan orang ke Bulan dan Mars.

Kekhususan: itu harus sepenuhnya dapat digunakan kembali. Untuk mencapai ini, ia harus melakukan manuver belok di udara dan kemudian mendarat di tanah dengan cara yang terkendali. Roket juga harus digunakan di tempat yang tidak ada landasan peluncuran atau tempat pendaratan yang ideal – misalnya di Mars.

READ  Mengapa Putin memindahkan tank ke perbatasan dengan Ukraina
Written By
More from Lukman Haq

Bukan kaleng, inilah kehebatan rudal ‘monster’ baru Korea Utara

Jakarta, CNBC Indonesia – Korea Utara (Utara) Pada Sabtu (10/10/2020) waktu setempat...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *