Intelijen Tanah Air Inggris: MI5 memperingatkan tersangka agen China

Status: 14/01/2022 10:57

Dia diduga mencoba mempengaruhi kebijakan Inggris – untuk kepentingan para pemimpin negara China: dinas rahasia internal Inggris memperingatkan majelis tinggi dan rendah dari seorang pengacara yang memiliki koneksi baik di distrik pemerintah.

Badan intelijen domestik Inggris MI5 telah memperingatkan anggota parlemen dari agen China yang dicurigai. Pengacara Christine Lee telah bertindak sebagai perantara dalam “kontribusi keuangan untuk partai politik, anggota parlemen, anggota parlemen masa depan dan mereka yang mempertimbangkan untuk mengambil jabatan politik di Inggris”, kata peringatan itu.

Wanita itu menjalin hubungan dengan Partai Komunis Tiongkok dan mencoba mempengaruhi politisi Inggris untuk mempengaruhi iklim politik yang mendukung Tiongkok.

Sumbangan besar untuk politisi oposisi

Lee dilaporkan menyumbangkan £200,000 kepada politisi oposisi Inggris Barry Gardiner dan £100,000 lainnya untuk Partai Buruhnya. Uang tersebut konon berasal dari warga negara asing asal China dan Hongkong. Gardiner, yang telah mengundurkan diri, mengatakan putra Lee juga seorang karyawan dan mengoordinasikan jadwalnya.

Mungkin terhubung dengan baik di lingkaran parlemen

Christine Lee memiliki koneksi yang baik di distrik pemerintah London: mantan Perdana Menteri Theresa May memberi penghargaan kepada Lee pada tahun 2019 atas kontribusinya pada hubungan baik Tiongkok-Inggris, dan Lee difoto di acara-acara dengan mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn atau mantan Perdana Menteri David Cameron .

Dia adalah pendiri firma hukum dengan kantor di London dan Birmingham. Daftar perusahaan menunjukkan bahwa dia adalah warga negara Inggris dan situs web perusahaannya mencantumkan, antara lain, pekerjaannya sebagai penasihat hukum untuk Kedutaan Besar Tiongkok.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar China di London menepis tuduhan tersebut. China pada dasarnya tetap berada di luar urusan luar negeri dan tidak perlu “membeli pengaruh”.

Sejauh ini tidak ada dasar untuk dakwaan

Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel mengatakan kegiatan Lee sejauh ini belum cukup untuk menuntutnya. Meskipun demikian, anggota parlemen diperingatkan terhadap upaya Lee untuk memberikan pengaruh. Patel mengatakan dia sangat prihatin bahwa orang-orang yang bekerja untuk Partai Komunis China menargetkan anggota parlemen.

Anggota parlemen Tory Duncan Smith menyatakan keprihatinan bahwa Lee masih buron. Dia tidak mengerti bahwa dia tidak ditangkap, tetapi hanya dicegah memasuki Parlemen. Menyusul insiden itu, ia meminta agar kredensial parlemen ditinjau.

Written By
More from Lukman Haq
Amsterdam: pengejaran biadab berakhir dengan baku tembak – 1 kematian
Amsterdam – Adegan dramatis dari tetangga kita di Belanda. Ada pengejaran sengit...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *