Inggris: Menurut BBC, Boris Johnson akan mengundurkan diri – sekarang hidup – dari politik

Setelah eksodus yang belum pernah terjadi sebelumnya dari kabinet Inggris, Boris Johnson dilaporkan akan mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Kamis, seperti yang dilaporkan BBC. Kantornya mengumumkan pidato perdana menteri: dia akan berbicara kepada negara di kemudian hari. Ini diperkirakan sekitar pukul 13:30 (CEST). Menurut BBC, Johnson berarti dia mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif tetapi akan tetap menjabat sebagai Perdana Menteri hingga musim gugur. Namun, ada tekanan yang cukup besar dari partainya sendiri agar dia segera turun dari jabatannya. Menyimpannya untuk sementara di luar imajinasi, kata anggota parlemen dari BBC, Simon Hoare. Menteri Ekonomi Kwasi Kwarteng menulis di Twittermanajemen baru diperlukan sesegera mungkin.

Namun, pada siang hari, Johnson mengisi beberapa jabatan menteri. Dia menempatkan orang kepercayaan lamanya James Cleverly dan Rit Malthouse masing-masing bertanggung jawab atas Departemen Pendidikan dan Kantor Kabinet. Dia menunjuk mantan menteri ekonomi Greg Clark, penentang Brexit, menteri untuk “Leveling Up”, yaitu harmonisasi kondisi kehidupan. Mantan Menteri Kehakiman Robert Buckland, yang baru dipecat Johnson pada September 2021, sekarang menjadi Menteri Negara Bagian Wales. Dianggap mungkin bahwa dia ingin mencoba dan mengamankan keberadaannya sebagai perdana menteri sementara dengan penunjukan baru.

Pemimpin Oposisi Keir Starmer menyambut baik berita pengunduran diri Johnson, dengan mengatakan itu sudah lama datang. Jika Johnson tidak segera pergi, akan ada mosi tidak percaya di parlemen, kata pemimpin oposisi Partai Buruh. Sekarang, seharusnya tidak ada perubahan di puncak Tories yang konservatif. Inggris membutuhkan ‘awal baru sekarang’, tweet Starmer. Menteri Luar Negeri Liz Truss, yang sedang dibahas sebagai calon pengganti Johnson, mempersingkat perjalanannya ke pertemuan G-20 di Indonesia, menurut BBC.

READ  Menteri Pertahanan China Ancam Perang

Lima menteri mengundurkan diri dalam 48 jam

Menteri Keuangan Inggris Nadhim Zahawi, yang ditunjuk pada Selasa, secara terbuka meminta Johnson untuk mundur pada Kamis pagi. “Perdana Menteri, di dalam hati Anda, Anda tahu apa yang benar. Pergilah sekarang,” tulis Zahawi dalam sepucuk surat kepada Johnson yang diposting ke Twitter pada hari Kamis. Krisis di mana pemerintah menemukan dirinya hanya semakin buruk. “Ini tidak berkelanjutan dan hanya akan menjadi lebih buruk bagi Anda, bagi Partai Konservatif dan terutama bagi negara.” Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace juga telah meminta rekan-rekan partainya untuk menggulingkan Perdana Menteri Boris Johnson. “Partai memiliki prosedur penggantian manajemen senior untuk digunakan rekan kerja,” tulisnya dalam tweet.

Perdana menteri sebelumnya telah kehilangan anggota kabinet lainnya. Kick off Kamis pagi Sekretaris Pendidikan Michelle Donelan dan Menteri Irlandia Utara Brandon Lewis untuk posting mereka, seperti yang mereka jelaskan di Twitter; Donelan juga baru dua hari menjabat. Menteri Kesehatan Sajid Javid dan Menteri Keuangan Rishi Sunak pergi pada Selasa, dan Rabu malam Simon Hart, menteri Inggris untuk Wales, mengumumkan pengunduran dirinya. Johnson juga memecat Menteri Pekerjaan dan Perumahan Michael Gove. Total selama beberapa hari terakhir lebih dari 50 PNS mengundurkan diri.

“Pemerintahan yang layak dan bertanggung jawab dilandasi oleh kejujuran, integritas, dan saling menghormati”, Lewis menulis di Twitter sebagai alasannya. Tidak lagi percaya bahwa nilai-nilai ini akan dihormati, dia harus meninggalkan pemerintahan, meskipun dia sangat menyesalinya.

Mantan Menteri Wales Hart memuji Perdana Menteri di Twitter atas “energi, visi, tekad, dan humornya”, tetapi kemudian menulis: “Saya sangat berharap untuk menghindari menulis surat ini, tetapi sayangnya bagi saya tampaknya tidak ada cara lain untuk tetap tinggal.” Dia tidak pernah menjadi “penggemar berat” gagasan bahwa pengunduran diri menteri adalah cara terbaik untuk memaksa perubahan. Kolega dilaporkan melakukan yang terbaik, secara pribadi dan publik, untuk membantu Johnson “berbalik.” Sayangnya, dia merasa bahwa titik di mana ini mungkin telah berlalu.

READ  Kecelakaan fatal di N31

Pada hari Rabu, Johnson menolak seruan untuk pengunduran dirinya

Menurut laporan media, Perdana Menteri Konservatif Johnson sebelumnya telah menolak seruan dari sejumlah anggota kabinet untuk mengundurkan diri. Di antara mereka adalah Menteri Keuangan Zahawi, yang baru dilantik pada Selasa. Sekretaris Transportasi Grant Shapps, Sekretaris Dalam Negeri garis keras Priti Patel, Sekretaris Bisnis Kwasi Kwarteng dan Sekretaris Gedung dan Perumahan Michael Gove juga dikatakan hadir dalam delegasi tersebut.

Rabu larut malam, Johnson kemudian memecat pasangan lamanya Gove, yang dianggap sebagai kabinet kelas berat dan telah memegang berbagai jabatan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. Dia sebelumnya berkampanye bersama Johnson selama kampanye pemilihan 2016 untuk referendum Brexit. Hubungan antara dia dan Johnson selalu ditandai dengan persaingan.

Jaksa Agung Braverman menyatakan minatnya pada pengganti Johnson

Sementara itu, calon pengganti Johnson di kepala partai dan pemerintah sedang bersiap. Sementara menteri yang mengundurkan diri seperti Javid dan Sunak, serta Menteri Luar Negeri Liz Truss, telah lama ditukar sebagai kandidat untuk warisan Johnson, Jaksa Agung Suella Braverman sekarang juga menyatakan minatnya pada pekerjaan itu. Dia sebelumnya terlihat sebagai pendukung Johnson, tetapi mengatakan dalam sebuah wawancara dengan televisi ITV bahwa perdana menteri harus mundur. Anda bisa membayangkan mencalonkan diri ke kantor.

Written By
More from Lukman Haq
Melania Trump membuka kantor sendiri – Donald Trump sudah punya
Melalui layanan pesan singkat Twitter, Melania Trump mengumumkan akan membuka kantornya sendiri....
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.