Indonesia: semakin banyak yang tewas di Sulawesi – banjir di Kalimantan

Tiga hari setelah gempa bumi di pulau Sulawesi, Indonesia, negara itu dilanda bencana alam berikutnya. Di Kalimantan, Indonesia bagian dari pulau Kalimantan, beberapa daerah tergenang air sama sekali setelah hujan lebat. Setidaknya 20.000 orang harus meninggalkan rumah mereka.

Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan telah mengumumkan keadaan darurat, lapor surat kabar “Jakarta Post”. Sejak 3 Januari, hujan deras terus berlanjut, menyebabkan beberapa sungai meluap.

Presiden Joko Widodo telah mengirimkan anggota perlindungan sipil, TNI dan Polri ke daerah tersebut untuk membantu warga.

28.000 orang di tempat penampungan darurat setelah gempa bumi Sulawesi

Hujan juga mempersulit operasi penyelamatan di Sulawesi, menurut kantor berita Reuters. Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter menyebabkan kerusakan parah di sana pada hari Jumat. Antara lain, dua rumah sakit, satu hotel dan sebagian gedung pemerintahan daerah di ibu kota pulau, Mamuju, ambruk. Badan perlindungan sipil melaporkan 84 kematian terkait gempa – lebih banyak dari yang terakhir kali.

Di Mamuju sendiri, 70 orang tewas dan 740 luka-luka. Hampir 28.000 orang berada di tempat penampungan darurat, katanya.

Indonesia berada di atas apa yang disebut Cincin Api Pasifik. Di bagian selatan Nusantara, Lempeng Indo-Australia tumbuh di bawah Lempeng Eurasia, menyebabkan seringnya gempa bumi dan letusan gunung berapi di wilayah tersebut.

Ikon: Cermin

READ  Apakah ponsel Anda terhanyut oleh iklan yang mengganggu? Hapus aplikasi ini!
Written By
More from Munir Rad

Asosiasi Ahli Paru: Simpan Masker di Rumah

Jakarta (ANTARA) – Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengimbau kepada seluruh masyarakat...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *