Indonesia: Letusan gunung berapi – awan abu naik 5.000 meter di langit

Awan asap dan abu setinggi 5.000 meter membumbung di langit di atas pulau Sumatera di Indonesia pada pagi hari. Penyebabnya adalah Gunung Sinabung yang meletus lagi dan lagi sejak 2010 setelah berabad-abad tenang. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, bagaimanapun, kali ini tidak menyebabkan banyak kekacauan: Menurut laporan awal, tidak ada korban luka atau kerusakan.

Seperti yang diumumkan pada hari Selasa oleh layanan geologi negara Asia Tenggara, 13 letusan dihitung. Selain itu, yang disebut arus piroklastik – campuran abu panas, gas, dan potongan batu – mengalir menuruni lereng gunung berapi.

Sinabung, dengan ketinggian sekitar 2.460 meter, terletak sekitar 50 kilometer barat daya ibu kota provinsi Medan. Gunung ini meletus pada 2010 untuk pertama kalinya dalam 400 tahun. Letusan lainnya menyusul tiga tahun kemudian, dan gunung berapi tersebut kembali aktif sejak saat itu. Pada 2014, 16 orang meninggal dalam salah satu wabahnya dan pada 2016, ada tujuh kematian.

Tidak ada kematian kali ini. Warga telah diinstruksikan untuk menghindari kawah dalam radius lima kilometer. Karena peningkatan aktivitas vulkanik, area tersebut tidak digunakan dalam beberapa tahun terakhir.

Tindakan evakuasi tidak diperintahkan dan lalu lintas udara tidak terhalang. “Tidak ada indikasi kemungkinan bahaya yang berkembang,” kata lembaga geologi itu.

Wabah lainnya di Jawa

Pihak berwenang telah melaporkan bahwa gunung api Merapi di pulau Jawa kembali mengeluarkan abu dan batu pijar. Campuran tersebut menempuh jarak dua kilometer di lereng sisi barat daya gunung.

Merapi, tingginya hampir 3000 meter, adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia. Letaknya sekitar 35 kilometer sebelah utara kota Yogyakarta. Dalam epidemi serius tahun 2010, lebih dari 340 orang tewas dan puluhan ribu lainnya melarikan diri.

READ  Berikut cara mendapatkan Hero Killer Bendeta Mobile Legends gratis - semua halaman

Dengan sekitar 130 gunung berapi, Indonesia memiliki aktivitas gunung berapi tertinggi di dunia. Negara kepulauan Asia terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik. Lempeng tektonik bertabrakan di sana, sehingga gempa bumi dan letusan gunung berapi sering terjadi.

Written By
More from Munir Rad

Peneliti menggunakan AI untuk menemukan planet baru

CALIFORNIA, iNews.id – Teleskop pemburu planet telah menemukan ribuan planet potensial di...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *