Indonesia Lava dan Abu Gunung Morapi Morapi – Ratusan Kabur – Panorama

Gunung berapi teraktif di Indonesia itu kembali meletus pada Kamis malam. Ratusan melarikan diri ke campuran lava, abu dan gas.

Dari Merah / DP

03/10/2022 – 07:27

Jakarta – Gunung Merapi di pulau Jawa Indonesia meletus pada Kamis malam, memaksa ratusan orang mengungsi. Campuran lahar panas, abu dan gas mengalir di tenggara gunung, kata Abdul Muhari, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Abu juga turun di beberapa desa. Lebih dari 250 warga harus dihubungi untuk keselamatan. Zona isolasi ditetapkan dalam radius lima kilometer di sekitar gunung berapi.

Tingginya lebih dari 2.900 kaki[2.900 m]disebut Stratovolcano. Saat terjadi ledakan, campuran debu, batu, lahar, dan gas panas sering jatuh ke lembah. Peluang untuk keluar dari awan batubara yang bergerak cepat ini sangat kecil. Aliran mematikan mengalir melalui lembah sejauh bermil-mil.

Gunung Merapi adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia. Letaknya sekitar 35 kilometer sebelah utara Yogyakarta. IKLAN. Sebuah ledakan dahsyat pada tahun 2010 menewaskan lebih dari 340 orang dan memaksa puluhan ribu orang mengungsi. Ada sekitar 130 gunung berapi aktif di seluruh negeri. Negara kepulauan Indonesia terletak di Cincin Pasifik, sebuah wilayah yang dikenal dengan gempa seismiknya.



READ  Jumlah radiasi di bulan 200 kali lebih besar daripada di Bumi: Ozone Techno
Written By
More from Saddam Javed
Space X Dragon Capsule tiba di luar angkasa, apa fungsinya?
Florida – Empat astronot dari Florida – tiga dari Amerika Serikat dan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.