Indonesia: Gunung Merapi menyemburkan awan abu setinggi 6000 meter

Itu bergemuruh selama lima menit – lalu awan abu setinggi enam kilometer naik ke langit biru. Demikian laporan warga kota Yogyakarta. Terletak di pulau Jawa, Indonesia, sangat dekat dengan gunung Merapi, dianggap berbahaya.

Letusan itu berlangsung selama lebih dari tujuh menit, kata otoritas geologi dan pengendalian bencana. Tingkat siaga tertinggi ketiga telah diterapkan ke gunung berapi. Setelah letusan, abu abu menghujani kota-kota dalam radius sepuluh kilometer. Penduduk di luar area yang ditentukan tiga kilometer di sekitar puncak harus tetap tenang dan berperilaku normal, kata pihak berwenang. Operasi di bandara di kota Solo telah ditangguhkan dan penerbangan telah dibatalkan, menurut seorang juru bicara.

Gunung berapi ini memiliki tinggi 2.910 meter dan sering menjadi nasib penduduk setempat. Ini adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Pada tahun 2010, lebih dari 300 orang tewas dalam wabah Gunung Merapi (dalam bahasa Inggris: “Gunung Api”). Meski begitu, ahli geologi memperingatkan akan adanya letusan besar. Bencana terparah terjadi pada tahun 1930, ketika sekitar 1.300 orang meninggal dalam suatu wabah. Kota Yogyakarta dengan lebih dari empat juta penduduk di wilayah metropolitan hanya berjarak sekitar 35 kilometer dari gunung berapi. Terakhir kali gunung berapi menyemburkan abu adalah dua tahun lalu.

Meskipun ada epidemi, tingkat kewaspadaan awalnya tidak dinaikkan hari ini. Observatorium gunung berapi Indonesia meminta penduduk tidak memasuki kawasan terlarang dalam radius tiga kilometer dari gunung tersebut. Aliran lava dan piroklastik – campuran gas panas, abu, dan batuan vulkanik yang sangat cepat – diperkirakan terjadi.

Indonesia, dengan hampir 130 gunung berapi, terletak di Cincin Api Pasifik – sabuk vulkanik yang membentang lebih dari 40.000 kilometer mengelilingi Pasifik dalam bentuk tapal kuda. Ini adalah salah satu daerah yang paling aktif secara geologis di planet ini. Beberapa lempeng tektonik bertabrakan di sana. Inilah mengapa gempa bumi dan letusan gunung berapi sangat umum terjadi.

READ  Tablet Galaxy A7, pilihan serbaguna untuk penggantian laptop

Ikon: Cermin

Written By
More from Munir Rad

Xiaomi Mi 11 Dijual Tanpa Charger, Ini Detail dan Harganya

Jakarta, CNBC Indonesia – Vendor smartphone Xiaomi resmi meluncurkan Xiaomi Mi 11...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *