Indonesia: Gunung berapi Sinabung meletus – kolom abu beberapa kilometer

Bidang.
Sinabung mendorong kolom abu setinggi lebih dari tujuh kilometer ke langit. Pihak berwenang Indonesia memperingatkan penduduk.

itu Vulkan sinabung di pulau Indonesia Sumatra aktif kembali. Setelah epidemi yang lebih kuat, kolom abu dan asap naik lebih dari tujuh kilometer ke langit pada hari Senin, ketika pihak berwenang di pulau di barat negara itu mengumumkan.

Di desa-desa sekitar gunung berapi, jalanan, mobil, dan rumah tertutup lapisan abu tebal. Awalnya, tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan. Namun, pihak berwenang telah memperingatkan warga kemungkinan aliran lava. Karena daerah sekitar gunung berapi telah dinyatakan sebagai daerah terlarang di masa lalu, gunung itu tidak berpenghuni.

Ada dua letusan kecil selama akhir pekan. Pada hari Sabtu, gunung berapi itu mengeluarkan abu setinggi lebih dari 4.000 meter.

Gunung berapi Sinabung sudah sangat aktif sejak 2010

Video-video impresif dari massa gelap asap dapat dilihat di media sosial. Orang-orang dari desa sekitarnya memandang dengan cemas ke arah gunung berapi. “Masyarakat diimbau untuk berada dalam radius tiga kilometer dari puncak,” kata Otoritas Geologi Indonesia. Pada awalnya yang menang tingkat siaga tertinggi ketiga.

Sinabung, tinggi 2.460 meter, terletak 50 kilometer barat daya ibu kota pulau itu, Bidang. Setelah diam selama berabad-abad, terjadilah epidemi sejak 2010. Puluhan ribu orang harus diselamatkan pada saat itu. Letusan lainnya terjadi tiga tahun kemudian, dan gunung berapi tersebut kembali aktif sejak saat itu. Pada 2014, 16 orang meninggal dalam salah satu wabahnya dan pada 2016 ada tujuh kematian.

Lebih dari 17.000 pulau di Indonesia terbentang di sepanjang lempeng benua Indo-Australia dan Eurasia dan karenanya membentuk Cincin Api Pasifik – jumlah gunung berapi aktif terbesar di dunia. Gunung berapi paling aktif di Indonesia, Merapi, hanya meletus pada bulan Juni dengan awan abu yang spektakuler. Gunung berapi Taal di Filipina meletus pada Januari setelah lebih dari 40 tahun. Puluhan ribu orang harus melarikan diri.

READ  Badan antariksa Eropa Rover Rosalind Franklin menawarkan platform satu tahap untuk Planet Merah

Tapi juga di Eropa masih ada letusan gunung berapi. Stromboli meletus di dekat Sisilia pada bulan Juli. Sebuah studi baru meneliti kemungkinan letusan gunung berapi di Jerman. (mbr / dpa / afp)


Written By
More from Hulwi Zafar

Komisi IV DPRD menyoroti soal PCR yang diperintahkan Pemprov DKI dalam kasus Korona di Samariana. Mobil tidak datang.

Tribunaltalimko, Samararinda– Kasus Kovid-19 Samarinda masih berkembang di provinsi timur Kalimantan. Sehingga...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *