Indonesia: dua gunung berapi menyemburkan abu dan bebatuan

Jakarta (AP) – Dua gunung berapi pernah meletus di Indonesia. Di pulau Sumatera, Sinabung mengeluarkan kolom abu setinggi sekitar lima kilometer, seperti yang diumumkan survei geologi negara Asia Tenggara itu pada hari Selasa.

Selain itu, yang disebut arus piroklastik – campuran abu panas, gas, dan potongan batu – mengalir menuruni lereng gunung berapi. Menurut laporan awal, tidak ada korban luka atau kerusakan.

Sinabung, dengan ketinggian sekitar 2.460 meter, terletak sekitar 50 kilometer barat daya ibu kota provinsi Medan. Setelah tenang selama berabad-abad, epidemi berulang sejak 2010. Puluhan ribu orang harus diamankan. Lebih dari 20 orang tewas dalam letusan yang sangat parah pada tahun 2014 dan 2016.

Pihak berwenang telah melaporkan bahwa gunung api Merapi di pulau Jawa kembali mengeluarkan abu dan bebatuan yang bercahaya. Campuran tersebut menempuh jarak dua kilometer di lereng sisi barat daya gunung.

Merapi, tingginya hampir 3000 meter, adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia. Letaknya sekitar 35 kilometer sebelah utara kota Yogyakarta. Dalam epidemi serius tahun 2010, lebih dari 340 orang tewas dan puluhan ribu lainnya melarikan diri.

Indonesia berada di Cincin Api di Pasifik. Ada hampir 130 gunung berapi aktif di negara kepulauan itu.

© dpa-infocom, dpa: 210302-99-649748 / 5

READ  Morbidili di kanan, pembilas yang tidak bisa mengikutinya
Written By
More from Naji Farid

Permintaan UEFA: Ukraina harus mengganti kaus sepak bola

Status: 06.10.2021 14.14 UEFA telah meminta Ukraina untuk mengganti jerseynya dengan euro....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *