India dan Bangladesh: banyak yang tewas setelah badai

Status: 18/06/2022 11:56

Di India dan Bangladesh, banjir dan badai dahsyat telah menewaskan banyak orang dan memaksa jutaan lainnya meninggalkan rumah mereka. Pihak berwenang memperkirakan situasi akan memburuk selama akhir pekan.

Badai parah dan banjir merenggut banyak nyawa di India dan Bangladesh. Jutaan rumah terendam air di kedua negara, kata pihak berwenang.

Menurut Kementerian Penanggulangan Bencana, sedikitnya sembilan orang tewas dalam banjir di negara bagian Assam, India, dan dua juta orang harus mengungsi dari rumah mereka. Brahmaputra, salah satu sungai terbesar di Asia, menerobos tanggulnya dan membanjiri 3.000 desa dan tanaman. “Jumlah curah hujan belum pernah terjadi sebelumnya,” kata seorang karyawan stasiun cuaca di ibukota Assam, Gauhati. Militer membantu pihak berwenang menyelamatkan orang-orang yang terdampar dan menyediakan makanan bagi para tunawisma.

Karyawan “Pasukan Tanggap Bencana Nasional” menyelamatkan penduduk desa Korora, di negara bagian Assam, India, yang terkena dampak banjir.

Gambar: AP

21 tewas setelah petir

Sambaran petir di negara tetangga Bangladesh menewaskan sedikitnya 21 orang, kata polisi. Empat orang juga tewas akibat tanah longsor di kota pelabuhan Chittagong. Sekitar empat juta orang harus meninggalkan rumah mereka. Distrik-distrik di sepanjang perbatasan India paling terpukul. Pusat Prakiraan Banjir ibu kota Dhaka mengatakan semua sungai di negara itu tergenang.

Situasi di kedua negara dikhawatirkan akan memburuk selama akhir pekan karena hujan lebih lanjut.

READ  Rusia menangkap Mariupol dan mengirim tank modern ke garis depan
Written By
More from Lukman Haq
Angkatan Laut Jerman meningkatkan keterlibatannya di Indo-Pasifik
DAngkatan Laut Jerman bermaksud mengirimkan kapal perang secara rutin ke kawasan Indo-Pasifik...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.