Indeks TIOBE Juli 2021: Pertarungan head-to-head antara C, Java dan Python

Indeks Bulanan TIOBE untuk Juli 2021 menunjukkan bahasa pemrograman mana yang paling populer dan bagaimana popularitasnya tumbuh dari waktu ke waktu. Bulan dari tahun sebelumnya digunakan untuk perbandingan. Seolah-olah mereka ingin membuat perayaan ulang tahun lebih menarik, bahasa pemrograman sedang berlomba sangat dekat ke puncak bulan ini.

Sepintas, kami melihat bahwa posisi 1 hingga 7 identik dengan tahun sebelumnya, tetapi perubahannya ada pada detailnya. Bahasa terpopuler dan terpopuler ketiga – C dan Python – hanya dipisahkan 0,67% pada Juli 2021. C telah kehilangan popularitas dibandingkan bulan yang sama tahun lalu (- 4,83 %), sedangkan Python naik 1,86%. Di antara keduanya, bahasa pemrograman Java menempati posisi kedua, yang paling sering menempati posisi pertama selama bertahun-tahun. Dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, nilainya turun 3,93%.

Pada Juli 2021, Python dan C ++ sedang naik daun

(Foto: TIOBE)

Secara keseluruhan, perlu dicatat bahwa hanya ada sedikit gerakan dalam pendudukan dua eselon teratas selama dua dekade terakhir. Bahasa pemrograman C dan Java sudah ada di edisi pertama di tempat 1 dan 2, meskipun dalam urutan terbalik. Di sisi lain, pendatang baru TIOBE Python telah membawa angin segar ke posisi 3 besar sejak terjebak di sana pada tahun 2019, menurunkan C++ ke posisi keempat. Bulan lalu, Python bahkan berhasil menempati posisi kedua di depan Java untuk pertama kalinya.

Indeks TIOBE dari 2001 hingga 2021

(Foto: TIOBE)

Metode indeks TIOBE yang tak terbantahkan adalah mengevaluasi kueri dari 25 mesin pencari teratas yang diberi peringkat di Alexa dan memenuhi kriteria tertentu, termasuk Google, Bing, Yahoo!, Wikipedia, Amazon, YouTube, dan Baidu. Konkretnya, tergantung pada frekuensi permintaan +"<language> programming" proses. Menurut TIOBE, peringkat tersebut tidak memberikan informasi apa pun tentang bahasa pemrograman terbaik, atau di mana sebagian besar baris kode ditulis.

Pada April 2021, TIOBE mengumumkan bahwa di masa depan properti tertentu dari bahasa pemrograman diharapkan dimasukkan dalam indeks, termasuk paradigma dan sistem tipenya. Dalam indeks Juli, yang tersedia di situs web TIOBE, bagaimanapun, mereka belum diperhitungkan.

Bagi pengembang, indeks TIOBE dapat menjadi tolak ukur popularitas bahasa pemrograman. Peringkat lainnya termasuk peringkat RedMonk berdasarkan GitHub dan Stack-Overflow serta indeks popularitas bahasa pemrograman PYPL berdasarkan permintaan pencarian Google. Peringkat sering mengarah pada hasil yang serupa tetapi berbeda. Saat ini kasus untuk indeks PYPL Python di atas.


(Mungkin)

Ke halaman rumah

READ  JSM Katalog Endometri Promoro 23-25 ​​Oktober 2020, Minyak goreng murah, nasi hingga snack, hanya 3 hari
Written By
More from Hulwi Zafar

NASA dipersenjatai dengan senjata nuklir untuk invasi ke bulan dan Mars

Memuat … Florida – Daya nuklir Ini akan menjadi bagian besar dari...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *