Ilmuwan memperingatkan kemungkinan mega-tsunami di Alaska: Ozone Techno

B Ilmuwan b Alaska Itu bisa terjadi dalam 12 bulan ke depan. Hasil studi baru ini menunjukkan bahwa gunung-gunung runtuh karena mencairnya peralatan ski yang mengancam mega-tsunami.

Daerah berpenduduk utama Alaska dan tempat-tempat wisata terancam oleh mega-tsunami. Salah satu area yang menjadi perhatian adalah Alaskan Barriers yang terkenal.

Baca juga: Burung ini memecahkan rekor terbang dari Alaska ke Selandia Baru tanpa henti

Penurunan panen berry dimulai pada awal abad terakhir dan dipercepat sepuluh tahun kemudian, dan tahun ini diperburuk oleh citra satelit.

Jika berry jatuh ke gletser, hal itu dapat menyebabkan gelombang besar dan menghantam kapal mana pun di area tersebut. Kemudian membanjiri tujuan wisata populer di Alaska dan mencapai ketinggian 10 kaki[10 m]dari kota Witt, mencapai ratusan meter dari pegunungan di dekatnya.

Pada bulan Mei, 14 ilmuwan geologi mengirim surat terbuka ke Departemen Sumber Daya Alam Alaska (ADNR) yang memperingatkan bahwa tanah longsor dan tsunami besar dapat terjadi dalam 1 hingga 20 tahun mendatang.

Baca juga: NASA melakukan studi tentang dampak kebakaran hutan Arktik di Alaska

“Dalam hal perubahan iklim, lanskap perlu waktu untuk menyesuaikan. Jika gletser turun terlalu cepat, lereng di sekitarnya bisa melompat, mereka bisa jatuh pada saat yang bersamaan,” kata Brad Higgman, ahli geologi di Tan Fioord dan Barry Arm. Penjaga, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, ahli geologi Erin Besset-Kirton, misalnya, telah meneliti citra satelit selama 30 tahun dan menemukan bahwa tanah longsor di Pegunungan Elias dan Teluk Glyer Alaska berhubungan dengan iklim yang lebih hangat.

Sementara itu, artikel terbaru oleh Dan Sugar, ahli geofisiologi di Universitas Calgary, menunjukkan bahwa gletser sedang mencair dan danau telah meluas hingga 50 persen selama 18 tahun terakhir. Es ekstrem mencair di lautan. Es yang tadinya menggantung di atas pegunungan sekarang berada di atas air.

READ  Media China mengatakan vaksin Sinovak murah dan cocok untuk Afrika

Baca juga: Patung kucing raksasa berumur 2.000 tahun ditemukan di Nazca, Peru

Kemungkinan mega-tsunami di Alaska.  (Foto oleh NASA / Operation Icebridge / EPA / The Guardian)

Dari 14 tsunami besar pada abad terakhir, 10 terjadi di daerah pegunungan. Air terjun Tanah longsor di Lituania, Alaska, pada tahun 1958 menyebabkan tsunami setinggi 524 meter.

Air terjun Gempa bumi Alaska tahun 1964 menewaskan sebagian besar orang yang tewas dalam tsunami.

Untuk menghindari bahaya ini, para ahli berharap dapat memprediksi kapan lereng akan turun. Mereka melakukan ini dengan memasang sensor pada slide paling berbahaya.

Baca juga: Alquran dan Ilmu Pengetahuan: Tidur di sisi kanan Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) baik untuk hati

Written By
More from Saddam Javed
Pengamat mengatakan TNI punya dasar hukum mencabut baliho rishik shihab
Jakarta, Kompas dot com – Pengamat militer Susanning Nifty Handainini Kertopatim, pimpinan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.