Hongaria masih mengusir pencari suaka meskipun ada keputusan CJEU

Di Hungaria Pencari suaka yang masuk sering kali ditahan secara ilegal di yang disebut zona transit. Banyak yang didorong kembali melintasi perbatasan tanpa menghormati jaminan yang berlaku. Dengan aturan suaka, negara tersebut melanggar hukum Uni Eropa. yang punya Pengadilan Eropa (CJCE) masuk Luksemburg ditemukan dalam keputusan bulan Desember.

Tapi Hongaria masih menganut praktik ini bahkan setelah keputusan CJEU. Sejak keputusan 17 Desember, polisi perbatasan telah mengizinkan lebih dari 3.000 pengungsi dan migran untuk melintasi perbatasan Serbia Dipaksa tanpa memiliki kesempatan untuk mencari suaka, kata Andras Lederer dari Komite Helsinki Hongaria pada Minggu di Budapest.

“Agar hal-hal berlanjut seperti ini sungguh mengerikan”

“Fakta bahwa polisi perbatasan Hongaria terus melakukan deportasi ini satu bulan setelah putusan ECJ adalah pelanggaran hukum yang mencolok,” kata Lederer. “Sungguh mengerikan bahwa hal-hal seperti ini terus berlanjut setelah putusan.”

Pada 17 Desember, Pengadilan Eropa memutuskan bahwa Hongaria melanggar undang-undang suaka Eropa. Para hakim menganggap pengusiran migran yang masuk secara tidak teratur adalah ilegal tanpa memeriksa kasus individu. ECJ sebagian besar terkait dengan gugatan yang diajukan oleh Komisi Eropa terhadap Hongaria. Sejak puncak krisis pengungsi pada 2015, otoritas Brussel telah berulang kali menyatakan keraguan tentang kompatibilitas aturan suaka Hongaria dengan hukum UE.

Menurut pendapat otoritas penegakan hukum Uni Eropa, tidak ada jaminan bahwa keputusan pemulangan ke Hongaria akan dibuat secara individu dan bahwa para migran akan menerima informasi tentang cara mengajukan banding. Ada risiko bahwa “para migran akan dipulangkan tanpa jaminan yang sesuai dan melanggar prinsip non-refoulement”. Otoritas Hongaria tidak menghormati prosedur dan jaminan yang diberikan.

READ  Pangeran William mengutuk serangan rasis terhadap pesepakbola - "Hentikan segera"

Mereka yang mencari perlindungan diambil di bawah tekanan

Sebaliknya, para migran akan dipaksa oleh aparat kepolisian di balik pagar di sebidang tanah tanpa infrastruktur, yang hanya berjarak beberapa meter dari perbatasan. Serbia dihapus. Karena orang yang bersangkutan tidak punya pilihan selain meninggalkan wilayah Hongaria, ini sama saja dengan deportasi. Sebaliknya, menurut hukum UE, harus ada prosedur pengembalian di mana jaminan tertentu diperhitungkan.

Pengungsi tidak dapat lagi mencari suaka di Hongaria di perbatasan dengan Serbia, tetapi harus pergi ke kedutaan Hongaria di Beograd atau Kiev hadir. Anda dapat mengajukan pernyataan niat untuk mengajukan suaka di sana.

Hongaria telah mengusir sejak musim gugur 2015. Pada saat itu, perdana menteri nasional sayap kanan Viktor Orbán mendirikan pagar besi di perbatasan dengan Serbia. Pihak berwenang menggambarkan mereka sebagai penolakan, setelah itu pejabat perbatasan “menemani” “migran ilegal” ke gerbang di titik-titik tertentu di pagar perbatasan sehingga mereka dapat meninggalkan Hongaria menuju Serbia.

Ikon: Cermin

Written By
More from Lukman Haq

Wanita itu terkejut mengetahui bahwa anak angkatnya hamil oleh suaminya

Canberra, Kompas. Com – satu Perempuan Vietnam Dia mengungkapkan keterkejutan dan frustrasi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *