Haiti: Gempa dengan lebih dari 200 orang tewas – laporan saksi mata BILD – Berita Luar Negeri

Les Cayes (Haiti) – Gempa berkekuatan 7,2 SR mengguncang Haiti. Sebelas tahun setelah gempa bumi dahsyat di ibu kota Port-au-Prince dengan sekitar 222.000 kematian, benih-benih Karibia kembali terguncang hebat. Kali ini menghantam barat daya pulau. Korban pertama korban sudah menghitung lebih dari 200 orang tewas.

BILD berhubungan dengan pasangan Ulrike dan Reinhard Schaller. Jerman telah tinggal di wilayah yang terkena dampak gempa selama bertahun-tahun, bekerja di sana sebagai agen pembangunan.

Sekitar pukul delapan pagi (waktu setempat) saat bumi berguncang. Reinhard Schaller menjelaskan apa yang terjadi pada BILD: “Pagi ini kami sedang duduk di rumah ketika buku, kacamata, dan segala macam barang jatuh dari rak. Kami akan keluar dari sana sebentar lagi. Setelah itu, ada beberapa gempa susulan. “

Pasangan itu tinggal di dekat kota Les Cayes (sekitar 150.000 jiwa), sekitar lima puluh kilometer dari pusat gempa. Namun kehancurannya sangat besar.


Seorang wanita berdiri di depan puing-puing sebuah rumah di kota pelabuhan Les Cayes, di selatan Haiti. Tempat ini berjarak 50 kilometer dari pusat gempaFoto: Duples Plymouth / dpa

Reinhard Schaller: “Saya berada di kota sebelumnya dengan sepeda motor saya. Beberapa rumah besar berlantai banyak terkena dampaknya. Kami hanya akan tahu dalam beberapa hari ke depan seperti apa pusat gempa itu.” Karena perkembangan yang padat, ia mengharapkan sejumlah besar kematian.

“Istri saya baru saja di rumah sakit Les Cayes. Itu penuh dengan orang. Ada banyak orang yang terluka. Orang-orang juga dirawat di luar rumah sakit karena dikhawatirkan akan terjadi gempa susulan. “


Tim penyelamat di Les Cayes membawa korban luka di papan kayu

Tim penyelamat di Les Cayes membawa korban luka di papan kayuFoto: Duples Plymouth / AP

Menurut informasi BILD, rumah sakit tersebut juga rusak parah akibat gempa. Setelah Badai Matthew lima tahun lalu, itu adalah bencana besar kedua bagi penduduk di wilayah tersebut.


Dari kediaman uskup Cayes yang hancur

Dari kediaman uskup Cayes yang hancurFoto: Delot Jean / AP

Situasinya tetap tidak jelas. Schaller: “Orang-orang terus menelepon dan berbicara tentang kerusakan dan bertanya tentang kesejahteraan mereka sendiri.”

READ  Gogil prabo! Ray akan mendapatkan F-15 dan F-18 Amerika, menambahkan 100 jet tempur
Written By
More from Lukman Haq
China Memulai Uji Coba Mata-Mata Lain Terhadap Warga Kanada
Kasus ini menimbulkan kebencian diplomatik secara internasional, tetapi sejauh ini otoritas China...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *