Gunung Merapi kembali meletus di Jawa: takut akan arus piroklastik

Jakarta. Pemandangan baru di gunung berapi paling aktif di Indonesia: Pada hari Jumat, aliran lahar lain yang panjangnya beberapa ratus meter dipancarkan dari Gunung Merapi di Jawa. Magma cair bercahaya mengalir menuruni lereng Gunung Api. Saluran Kompas TV memberitakan bahwa dua kubah lava terbentuk untuk pertama kalinya. Itu akan menunjukkan rekaman drone selama beberapa hari terakhir. Ahli geologi mengacu pada bukit atau tanjakan berbentuk kolom yang diciptakan oleh letusan lava yang sangat kental dan menutup lubang vulkanik di bagian atas.

Kubah lava berisiko runtuh karena tekanan lava yang konstan. Arus piroklastik yang sangat cepat kemudian dapat muncul – campuran abu panas, gas, dan bongkahan batu yang terjun ke arah lembah dengan kecepatan tinggi.

Epidemi serius pada tahun 2010 menewaskan 340 orang

Merapi beberapa kali meletus dalam beberapa bulan terakhir. Tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan. Warga telah diamankan.

Lokasi Merapi terletak kurang lebih 35 kilometer sebelah utara kota Yogyakarta. Dalam epidemi serius tahun 2010, lebih dari 340 orang tewas dan puluhan ribu lainnya melarikan diri. Candi Borobudur dan Prambanan yang terkenal, yang masuk dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, letaknya sangat dekat dengan gunung berapi setinggi 3000 meter itu.

Indonesia berada di Cincin Api di Pasifik. Terdapat 127 gunung berapi aktif di negara bagian pulau, di mana Merapi dianggap paling aktif.

READ  Pemain profesional Bayern Alaba pindah ke Real Madrid
Written By
More from Naji Farid

Degradasi dari Werder Bremen: Johan Micoud & Co .: Ini adalah penderitaan mantan bintang juga!

Bremen – Seluruh kota Bremen berduka cita atas SV Werder. Sengatan kekecewaan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *