Gunung berapi paling aktif di Indonesia meletus – Merapi kembali mengeluarkan abu

Awan abu naik beberapa ribu meter: Merapi di Indonesia telah meletus. Bandara Internasional Kota Solo telah ditutup.

Gunung berapi paling aktif di Indonesia telah meletus. Awan abu setinggi 6.000 meter naik di atas Merapi Selasa dini hari, seperti ini Video muncul di bagian atas artikel. Campuran abu dan pasir menimpa kota-kota dalam radius sepuluh kilometer. Kawahnya berada di dekat kota Yogyakarta. “Ada suara gemuruh sekitar lima menit dan saya bisa melihat awan abu dari rumah saya,” kata Jarmaji, warga Kabupaten Boyolali.

Pihak berwenang awalnya tidak mengeluarkan peringatan. Namun bandara internasional di kota Solo, sekitar 40 kilometer dari gunung berapi, ditutup sementara pada pagi hari.

Epidemi terakhir 2010 – ratusan kematian

Penduduk diminta untuk tidak mendekat dalam jarak tiga kilometer dari Merapi. Ada bahaya lahar dan yang disebut aliran piroklastik – campuran bebatuan bercahaya, gas panas, dan abu. Aliran piroklastik bergerak jauh lebih cepat dari aliran lahar, sehingga warga seringkali tidak punya waktu untuk melarikan diri.

Merapi adalah salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Dalam wabah besar terbaru pada tahun 2010, lebih dari 300 orang tewas. Sekitar 280.000 orang harus meninggalkan rumah mereka pada saat itu.

Indonesia dengan hampir 130 gunung berapi terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik. Lempeng tektonik bertabrakan di sana, sehingga gempa bumi dan letusan gunung berapi sering terjadi.

READ  [POPULER HYPE] Rizky mengerahkan Fabian untuk dijual 4 Keinginan Aura Kasih untuk Perceraian Semua halaman
Written By
More from Mujahid Jaffer

Eddie Van Helen meninggal setelah didiagnosis menderita kanker

Jakarta, CNN Indonesia – Eddie Van HalenDia meninggal pada Selasa (6/10) setelah...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *