Gunung berapi di Indonesia memuntahkan awan abu besar ke udara

Hujan abu dan pasir di pulau Jawa, Indonesia. Di sana, sebuah gunung berapi mengeluarkan awan yang begitu tinggi sehingga bisa terlihat bermil-mil jauhnya.

Gunung berapi paling aktif di Indonesia, Merapi, kembali mengeluarkan awan abu setinggi satu kilometer. Pada hari Jumat, awan naik sekitar 5.000 meter dan abu dan pasir jatuh dalam radius beberapa kilometer di sekitar gunung berapi. Tidak ada kerusakan yang dilaporkan, kata juru bicara Badan Perlindungan Sipil Indonesia. “Kami meminta semua orang untuk tetap tenang dan tidak panik.”

Merapi sudah menyemburkan awan abu setinggi 6000 meter pada awal Maret. Kota Yogyakarta dan Solo tertutup abu abu-abu dan bandara di kawasan itu harus ditutup sementara.

Salah satu gunung berapi paling aktif di dunia

Merapi adalah salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Dalam wabah besar terbaru pada tahun 2010, lebih dari 300 orang tewas. Sekitar 280.000 orang harus meninggalkan rumah mereka pada saat itu. Pada tahun 1930, sekitar 1.300 orang tewas akibat letusan Merapi.

Indonesia dengan hampir 130 gunung berapi terletak di apa yang disebut Cincin Api Pasifik. Beberapa lempeng tektonik bertabrakan di sana, sehingga gempa bumi dan letusan gunung berapi sering terjadi.

READ  Mantan pasangan pertama: Jenny Elvers & Alex di "Prominent Separated"
Written By
More from Mujahid Jaffer
Kegembiraan Daniel Mananta pada Gus Miftah Untuk Dapat Kejutan Natal, Ada Apa?
Jakarta, Kompas dot com– Master of the Festival Daniel Mananta Dia senang...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.