Gudang penuh untuk Natal: pedagang elektronik dapat mengirimkan meskipun logistik kacau

Stok terisi untuk Natal
Pengecer online dapat mengirimkan meskipun ada kekacauan logistik

Banyak rantai pasokan di seluruh dunia terganggu. Bahan bangunan, chip elektronik, dan banyak bahan mentah langka dan mahal. Namun bisnis Natal perusahaan mail order di Jerman berjalan lancar. Hanya dengan “elemen tren absolut” itu bisa menjadi ketat.

Perusahaan pesanan melalui pos seperti Otto yang berbasis di Hamburg hampir tidak mengharapkan kemacetan pengiriman dalam perdagangan Natal meskipun ada tantangan logistik global. “Akan ada banyak persediaan Natal yang bagus karena barang-barang ini sudah ada sejak lama,” kata ketua dewan Otto Marc Opelt dari DPA. Dia tidak menutup kemungkinan salah satunya akan absen dari total 7,8 juta posisi aktif saat Natal nanti. Tapi dia tidak mengharapkan kesulitan besar – jika sama sekali – sampai musim semi. “Kami bisa menjual apa pun yang sudah ada di gudang kami. Tapi apa pun yang akan datang bisa jadi sulit dalam keadaan tertentu.”

Asosiasi Federal Jerman untuk Perdagangan Elektronik dan Pemesanan Surat (BEVH) memberikan penilaian serupa. Sebagian besar pengecer online telah lama menimbun gudang mereka, kata seorang juru bicara. “Ini menjelaskan mengapa pasokan bisnis Natal terus tampak terjamin, kecuali barang-barang yang benar-benar trendi.” Lebih dari 90 persen pengecer online mengalami hambatan, tetapi hanya 20 persen yang khawatir mereka tidak akan dapat memenuhi permintaan dalam jumlah besar. Konsol game terkadang sulit diperoleh di seluruh dunia melalui semua saluran komersial. “Namun, proses e-commerce global masih dapat membuat barang dapat diakses jika barang tersebut tidak lagi tersedia di area lokal.”

Karena kontinjensi, Opelt menolak membuat perkiraan penjualan untuk tahun fiskal Otto, yang berlangsung hingga Maret. “Saat ini, kami sangat senang dengan kesepakatan itu.” Antara lain, klien telah jauh diremajakan. Menurut Opelt, pertumbuhan selama 365 hari terakhir untuk usia 25 hingga 34 tahun adalah sekitar seperempat, dan untuk usia 18 hingga 24 tahun bahkan sekitar sepertiga. Pada tahun keuangan 2020/2021, Otto GmbH & Co. KG, yang merupakan bagian dari grup Otto, meningkatkan omzetnya sebesar 30% menjadi 4,5 miliar euro. Perusahaan ini adalah perusahaan mail order terbesar kedua di Jerman setelah grup AS Amazon.

Pengembalian ratusan juta

Opelt membela penawaran online televisi, mesin cuci, dan lemari es, beberapa di antaranya hemat energi. Pelanggan harus dapat memilih dari berbagai macam mungkin. Namun, Otto sekarang tidak hanya menampilkan konsumsi energi, tetapi juga sebagian keseimbangan CO2 perangkat. Selain itu, fashion yang diproduksi secara berkelanjutan ditandai dengan jelas. “Kami mencoba membuat semua informasi begitu transparan sehingga pelanggan dapat membuat keputusan yang tepat.” Tujuannya adalah untuk menjual lebih banyak barang tahan lama. Sudah sekarang, setidaknya harus ditentukan bahwa “perangkat termurah belum tentu yang dibeli dalam jumlah besar”.

Opelt meminta pelanggan untuk memilih produk sedemikian rupa sehingga tidak ada pengembalian di tempat pertama – yaitu, tidak memesan sepatu kets dalam tiga ukuran berbeda dan kemudian memilih pasangan yang tepat, dan mengirim sisanya kembali. Otto tetap pada pengiriman pengembalian gratis meskipun ada opsi hukum lainnya. Tentu saja, Anda dapat membuat pengembalian barang sesulit mungkin bagi pelanggan, kata Opelt. Jadi mungkin satu atau yang lain menyerah. “Tapi kemudian pelanggan memiliki produk yang, jika ragu, tidak cocok untuknya atau tidak menyukainya.” Juga, itu tidak menjelaskan penjual dengan baik. Opelt tidak melihat adanya dampak lingkungan yang besar pada perjalanan pulang dari perusahaan logistik milik Grup, Hermes. “Lagi pula, petugas pengiriman sedang dalam perjalanan dan mengambil pengembaliannya segera.”

Pengecer online tidak mengomentari jumlah barang dagangan yang dikembalikan dan hanya menunjukkan bahwa itu telah menurun sebesar 6% pada tahun fiskal terakhir. Sebagian besar tekstil dan paling sedikit furnitur dan peralatan utama dikembalikan. Asosiasi perdagangan BEVH mengasumsikan bahwa pada 2018 – yaitu, sebelum pandemi – 280 juta paket dan 487 juta item dikembalikan ke pengecer. Ini sesuai dengan setiap paket keenam yang dikirim dan setiap item kedelapan yang dipesan.

READ  Puing-puing luar angkasa dari satelit Rusia dan roket China di dekat tabrakan
Written By
More from Hulwi Zafar
Para astronom akan menemukan bintang simbiosis pertama
Bisnis.com, Jakarta – Gaia18aen sementara yang ditemukan di pesawat luar angkasa ESA...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *