Google I/O: Android 13 menawarkan lebih banyak untuk orang buta dan tuli

Android mengurangi hambatan bagi pengguna penyandang disabilitas serta pengguna dalam keadaan terbatas. Pada Konferensi Pengembang Google I/O, Google menampilkan banyak peningkatan yang akan tersedia untuk perangkat Android dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Pembaca aksesibilitas baru akan membantu orang dengan gangguan penglihatan membaca teks panjang di layar. Aplikasi ini dirancang untuk mengurangi gangguan dan memungkinkan teks dan spasi diperbesar dan kontras yang diprogram dengan buruk ditingkatkan. Selain itu, pengguna memiliki opsi agar teks dibacakan oleh suara yang dihasilkan komputer bersama dengan kemajuan membaca. Semua ini terjadi langsung di perangkat akhir untuk situs web dan konten aplikasi. Sambungan data ke server Google tidak diperlukan.

Penyempurnaan pada aplikasi Lookout ditujukan untuk orang dengan gangguan penglihatan seperti tunanetra. Aplikasi Lookout, yang pertama kali ditampilkan secara publik di Google I/O 2018, menggunakan pengenalan gambar dan teks untuk mengenali objek dan teks di sekitar serta mengumumkannya kepada pengguna secara real time . Ini mendukung kehidupan sehari-hari yang ditentukan sendiri. Yang baru adalah bahwa Lookout juga akan menilai foto.

Lookout dirancang untuk membuat ringkasan gambar khusus dan menampilkannya dengan teks alternatif yang ditulis oleh penulis situs web dan aplikasi; ini memungkinkan pengguna untuk membandingkan apakah penulis memperhatikan aspek lain dari gambar selain algoritme Google. Manajer Produk Scott Adams menjelaskan tantangan pembelajaran mesin untuk analisis gambar dalam presentasinya. Menemukan keseimbangan antara informasi yang cukup dan terlalu banyak itu sulit, terutama karena itu juga tergantung pada situasi dan use case.

Tiba-tiba, beta Lookout 3.0, tersedia pada 2 Juni, awalnya akan fokus pada foto-foto dari berita dan jejaring sosial. Pertama, ringkasan gambar dihasilkan, diikuti oleh detail yang dipilih. Misalnya, orang diklasifikasikan sebagai orang dewasa atau di bawah umur, dan warna pakaian bagian atas mereka juga dilaporkan. Teks tersembunyi dalam gambar dievaluasi dan dikeluarkan menggunakan pengenalan teks (OCR).

READ  Studie der Netzagentur: Pandemie stärkt Messengerdienste

Secara umum, Lookout konservatif: hanya memberi sinyal ketika algoritme menganggapnya benar dengan tingkat kepastian yang tinggi. Dan semua evaluasi dilakukan secara eksklusif secara lokal di perangkat akhir. Beberapa fitur awalnya hanya akan didukung dalam bahasa Inggris, tetapi fitur dan bahasa lainnya akan menyusul.

Android 13 akan menawarkan aplikasi Talkback baru yang menggabungkan aplikasi BraileBack yang sebelumnya tersedia secara terpisah untuk tampilan braille. Google menjanjikan pengguna tampilan braille navigasi yang ditingkatkan, kontrol tambahan, dan kemampuan untuk mengedit atau mengetik ulang teks melalui tampilan braille mereka.

Aplikasi Transkripsi Instan Google pertama kali menarik perhatian dengan menyalin bahasa lisan, yang sekarang berfungsi di lebih dari 80 bahasa dan dialek. Perlindungan data ramah tanpa koneksi data, dapat digunakan dalam bahasa Jerman, Inggris, Prancis, Italia, Jepang, dan Spanyol.

Notifikasi Android tentang suara air mengalir
(foto: Google)

Sejak tahun 2020, Transkripsi Instan juga dapat mengenali suara sehari-hari seperti ketukan pintu, tangisan bayi, air mengalir, alarm atau gonggongan anjing dan memberi tahu pengguna tentang ponsel atau jam tangan pintar mereka. Setahun yang lalu, di Google I/O 2021, Google menjanjikan penyesuaian Transkripsi Instan. Jika sebuah rumah tangga memiliki bel pintu yang tidak biasa yang terdengar seperti kicau burung, ponsel harus dapat dilatih untuk melakukannya. Tetapi fitur layanan ini seharusnya segera hadir.

Perusahaan data telah mengumumkan pembaruan untuk aplikasi Penguat Suara Android, yang diharapkan menawarkan peredam bising (pembatalan bising) yang lebih baik selain desain baru. Amplifier Suara mengambil kebisingan sekitar dan output suara yang dihasilkan oleh ponsel Android dan memperkuatnya menjadi sepasang headphone. Ini dapat membantu orang yang sulit mendengar dalam kehidupan sehari-hari.

READ  Stranger of Paradise Final Fantasy Origin Patch 1.03 Online

Satu miliar orang menderita gangguan motorik atau sensorik dalam satu atau lain cara. Selain itu, ada batasan situasional yang memengaruhi semua orang. Misalnya, ketika Anda tidak dapat membaca layar di bawah sinar matahari langsung, Anda tidak dapat mendengar suara karena suara keras, atau Anda tidak dapat menekan tombol karena tangan Anda penuh. Akibatnya, Google terus berinvestasi dalam aksesibilitas, dengan pembelajaran mesin memainkan peran yang semakin penting.

Apa yang Baru di Aksesibilitas Android

Memperkenalkan Aksesibilitas Android di Google I/O 2022


(ds)

Ke beranda

Written By
More from Munir Rad
Ikuti Apple, apakah Xiaomi Mi 11 akan datang tanpa pengisi daya?
Xiaomi Mi 11 adalah salah satu perangkat yang paling diantisipasi untuk tahun...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.