Gempa bumi tercatat di pulau Yunani Kreta

Di pulau Kreta, gempa bumi membangunkan orang. Selama beberapa jam bumi berguncang untuk kedua kalinya. Petugas pemadam kebakaran turun untuk memeriksa area tersebut.

Gempa berkekuatan 5,7 SR membangunkan orang-orang di Kreta pada Rabu pagi tak lama setelah pukul 5 pagi waktu setempat. Pusat gempa berada beberapa kilometer di selatan pantai pulau Yunani pada kedalaman sekitar 67 kilometer. Pada malam hari, pihak berwenang melaporkan gempa susulan berkekuatan 5,3 dengan pusat gempa yang sama.

Menurut media Yunani, getaran gempa bisa dirasakan sampai ke Mesir di pantai Mediterania yang berlawanan di pagi hari. Kerusakan awalnya tidak dilaporkan. Petugas pemadam kebakaran turun untuk melakukan pemeriksaan di area yang terkena dampak.

Lempeng Eropa dan Afrika bertabrakan

Karena lempeng tektonik Eropa dan Afrika bertabrakan di bawah Laut Aegea, gempa bumi sering terjadi di Yunani. Karena getaran sering terjadi di laut, jarang ada kerusakan serius atau kematian.

Dasar laut juga tidak tenang di timur Kreta – Institut Geodinamika Athena saat ini mencatat guncangan sedang di sana. Baru pada akhir September seseorang tewas dalam gempa bumi hebat di Kreta.

Pada Oktober tahun lalu, gempa berkekuatan 7,0 melanda Laut Aegea antara pulau Samos di Yunani dan kota Izmir di Turki. Saat itu, 114 orang tewas di Turki dan dua orang di Samos.

READ  Dua kepala pemerintahan baru Taliban di Afghanistan hilang
Written By
More from Lukman Haq
Dalam pemilihan presiden AS, perbedaan antara Trump dan Trump diperlebar dengan 7 juta lebih banyak suara
Washington DC, Kompas dot com – Perbedaan yang dalam Pemilihan Presiden AS...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *