Gelombang panas dan kekeringan: Eropa Selatan memerangi kebakaran hutan

Kepada: 13/07/2022 21:24

Kebakaran hutan telah terjadi di beberapa bagian Eropa selatan dan Turki karena kekeringan dan panas yang berkepanjangan. Perbaikan situasi tidak terlihat, justru sebaliknya. Ini kemungkinan akan menjadi salah satu gelombang panas terpanjang dalam beberapa dekade.

Panas yang ekstrem dan berkepanjangan di Spanyol, Portugal, Prancis, dan Italia telah menyebabkan banyak kebakaran hutan terjadi. Di Spanyol, kebakaran terburuk saat ini terus berkobar di kotamadya Las Hurdes dekat perbatasan dengan Portugal. Api telah menghanguskan sekitar 3.500 hektar di sana.

Layanan meteorologi Aemet telah mengeluarkan peringatan untuk 16 dari 17 komunitas otonom Spanyol: gelombang panas kedua tahun ini mungkin akan menjadi salah satu yang terpanjang sejak pencatatan dimulai pada tahun 1975. Diperkirakan akan sangat panas dengan suhu berkisar antara 44 derajat di Andalusia di selatan dan di Extremadura di barat negara itu. Di sana, di perbatasan dengan Portugal, lebih dari 400 orang dievakuasi akibat kebakaran hutan.

Di dekat Madrid, air laut diambil dari udara untuk memadamkan api.

Gambar: AP

Seorang pria mati di Portugal

Di negara tetangga Portugal, petugas pemadam kebakaran dan perlindungan sipil juga berjuang melawan kebakaran hutan, dengan suhu terkadang jauh di atas 40 derajat – terutama di bagian tengah negara itu. Seorang wanita tewas dalam kebakaran di desa Murtosa.

Di pagi hari, lebih dari 1.500 petugas pemadam kebakaran memadamkan empat kebakaran besar di kotamadya Leiria, Pombal dan Ourém, sekitar 100 kilometer utara Lisbon. Sebanyak 600 orang dibawa ke tempat yang aman, di antaranya sekitar 120 membutuhkan perawatan medis, menurut perlindungan sipil. Para pejabat mengatakan 96% dari Portugal mengalami kekeringan ekstrim atau parah pada akhir Juni.

READ  Kongres dapat melihat pengembalian pajak Trump

Helikopter pemadam kebakaran jatuh di Samos

Kebakaran hutan juga terjadi di pulau resor Yunani barat Samos dekat kota Paleochori. Seperti yang dilaporkan portal online Samos Voice, 14 mobil pemadam kebakaran, tiga pesawat pemadam kebakaran, dan dua helikopter pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Api masih belum bisa dikendalikan hingga sore hari. Dua kota dievakuasi sebagai tindakan pencegahan.

Menurut media Yunani, salah satu helikopter jatuh saat misi hendak mengambil air dari laut, sehingga ada empat penumpang di dalamnya. Pilot bisa saja diselamatkan hidup-hidup oleh Penjaga Pantai dan dibawa ke rumah sakit. Dua tahanan lainnya ditemukan tewas, menurut media, yang keempat masih dicari pada malam hari.

Karena kekeringan yang parah, petugas pemadam kebakaran telah menyatakan tingkat siaga tertinggi kedua untuk kebakaran hutan di beberapa pulau di Aegean timur, tetapi juga untuk wilayah Attica di sekitar Athena, dan pulau-pulau besar Euboea dan Kreta. Sudah pada hari Selasa, 35 kebakaran dilaporkan di seluruh negeri dalam 24 jam.

evakuasi di Prancis

Di pantai Atlantik Prancis, layanan darurat telah melindungi ribuan orang dari penyebaran api. Di La Teste-de-Buch, selatan kota Bordeaux, lima tempat perkemahan dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. 6.000 orang dibawa ke tempat lain, menurut prefektur Gironde. Suhu 37 derajat diperkirakan di wilayah tersebut.

Prancis juga menggunakan pesawat pemadam kebakaran.

Gambar: AFP

Kebakaran sekarang telah mempengaruhi lebih dari 1.200 hektar lahan. Mereka disukai oleh kekeringan berkepanjangan dan suhu tinggi. Tingkat peringatan panas tinggi oranye telah diumumkan. Menurut prefektur, lebih dari 600 petugas pemadam kebakaran memadamkan api. Layanan darurat di wilayah lain di Prancis juga akan memberikan dukungan.

Italia melawan tembakan udara

Di Italia, petugas pemadam kebakaran berjuang, antara lain, di wilayah perbatasan antara Tuscany dan Liguria melawan api di sebuah bukit yang sulit diakses, seperti yang diumumkan oleh otoritas Tuscan. Dua helikopter dan enam unit pasukan yang berbeda berada di lokasi. Peningkatan angin dapat memicu kebakaran di daerah tersebut.

Ada juga kebakaran di Turki

Kebakaran hutan juga kembali terjadi di Turki. Di pulau barat daya Datca, yang populer di kalangan wisatawan, delapan pesawat pemadam kebakaran, 14 helikopter, dan lebih dari 100 kendaraan pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api, kata otoritas kehutanan Turki. Beberapa rumah harus dievakuasi dan sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan. Juga di provinsi Izmir, banyak petugas pemadam kebakaran yang bertugas karena kebakaran hutan.

Written By
More from Lukman Haq
Bundeswehr: Eurofighter bermasalah dengan kursi lontar – politik
Menteri Pertahanan Christine Lambrecht (SPD) telah menanyakan tentang kemampuan operasional Bundeswehr selama...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.