Eropa harus bergerak menuju Kekaisaran Romawi

Presiden Prancis Macron sedang mempersiapkan kerja sama Eropa baru di luar UE. Perdana Menteri Inggris Johnson bereaksi dengan antusias.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mendukung prakarsa Prancis untuk bentuk kerja sama baru di Eropa. Johnson mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa dia mendukung rencana Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk komunitas politik Eropa. Setelah pembicaraan antara Macron dan Johnson pada KTT G7 di Elmau pada hari Minggu, Istana Elysee mengatakan perdana menteri Inggris telah menanggapi proposal Macron dengan “sangat antusias”.

Perlu dipikirkan proyek semacam itu, kata Johnson di sela-sela KTT NATO di Madrid. Tapi itu harus lebih tentang ‘membangun hubungan’ daripada ‘struktur baru’, kata Perdana Menteri, yang merupakan salah satu kekuatan pendorong di belakang keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Johnson menyarankan untuk mengambil inspirasi dari Kekaisaran Romawi. “Saya pikir Turki harus ada di sana, Maghreb juga, saya pikir pada dasarnya kita harus mengembalikan Mare Nostrum Kekaisaran Romawi,” jelasnya.

Johnson menekankan keterlibatan “penting” Turki dan juga menunjuk Ukraina sebagai mitra yang mungkin. “Pantai Afrika Utara juga merupakan area yang sangat penting untuk debat Eropa yang lebih luas,” tambahnya.

Juga libatkan negara-negara non-UE

Proposal Macron untuk komunitas politik Eropa mencakup bentuk kerja sama baru dengan negara-negara anggota UE yang potensial. Ini harus menjadi respons terhadap “kesenjangan strategis” yang muncul antara awal proses keanggotaan dan keanggotaan, menurut Elysée.

READ  Truk pemadam kebakaran Turki jatuh di area kebakaran hutan - News
Written By
More from Lukman Haq
Moskow sedang mencari dua penasihat Angkatan Laut
Kritikus Kremlin Alexei Navalny dipenjara dan para pendukungnya juga berulang kali menjadi...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.