Erdogan menjatuhkan Lira lebih rendah

Presiden Turki Erdoğan mengirim lira ke titik terendah sepanjang masa: dia akan melawan suku bunga “selama dia menjabat”. Ini adalah sinyal yang jelas bagi bank sentral.

Sebelum keputusan kebijakan moneter utama oleh bank sentral Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan sekali lagi berbicara dengan jelas mendukung suku bunga rendah dan menyebut suku bunga sebagai “momok”.

“Kami akan menghapus momok suku bunga dari pundak rakyat kami,” kata Erdogan Rabu di hadapan faksi partai Islam konservatif yang berkuasa, AKP di Ankara. “Kami pasti tidak akan membiarkan suku bunga membuat orang-orang kami bertekuk lutut,” katanya. “Selama saya di posisi ini, saya akan melanjutkan perjuangan saya melawan suku bunga sampai akhir. Dan saya juga akan melanjutkan perjuangan saya melawan inflasi.”

Mata uang nasional Turki, lira, telah berada di bawah tekanan yang cukup besar terhadap dolar AS dan euro dalam beberapa bulan terakhir dan telah jatuh ke level rekor dalam setiap kasus. Anda sekarang bisa mendapatkan lebih dari sepuluh lira untuk satu dolar.

Erdogan tidak dapat bekerja dengan pendukung suku bunga

Situasi ini diperburuk oleh kebijakan moneter yang longgar dari bank sentral, yang baru-baru ini memangkas suku bunga utamanya dua kali meskipun inflasi meningkat. Penurunan suku bunga lain diharapkan pada pertemuan bank sentral Kamis. Menurut kantor berita resmi Anadolu, presiden Turki menekankan setelah pidato kelompok parlemennya bahwa bank sentral mengambil keputusan independen.

Kritikus, di sisi lain, mengeluh bahwa kursus tersebut sangat dipengaruhi oleh Erdogan, yang dipandang sebagai lawan terbuka dari suku bunga tinggi. Dia berulang kali mengubah bagian atas bank sentral.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, Erdogan percaya bahwa suku bunga yang tinggi menyebabkan inflasi alih-alih melawannya. Dia menekankan pada hari Rabu: “Bunga adalah penyebabnya, inflasi adalah hasilnya”. Dia tidak bisa bekerja dengan para pendukung suku bunga tinggi. Erdogan juga mengeluh bahwa investor melarikan diri meskipun ada penurunan suku bunga. “Orang macam apa kamu? Dia bertanya.

READ  Di sinilah tempat rapid test Antigen Lion Air di Jakarta dan Tangarang
Written By
More from Hulwi Zafar
Andes! Kelima bank ini akan memiliki ratusan ribu saham di Kuan pada tahun 2020
Jakarta, CNBC Indonesia – Ada puluhan saham yang nilainya lebih dari 100%...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *