Erdoğan berpegang teguh pada suku bunga rendah

Lira Turki terus melemah. Pada hari Senin, hampir mencapai level terendah sepanjang masa minggu lalu. Sementara itu, Presiden Erdogan tidak ingin meninggalkan kebijakan suku bunga rendah.

Meskipun pound melemah, presiden Turki menginginkan Resep Tayyip Erdogan terus mematuhi kebijakan kontroversialnya tentang suku bunga rendah. Menurut kantor berita Anadolu yang dikelola negara, Erdogan mengatakan pada hari Senin bahwa dia selalu menentang kenaikan suku bunga dan akan menentangnya di masa depan juga. Dia tidak akan berkompromi dalam hal ini.

The “bermain” dengan tingkat lira dan bunga tidak akan diizinkan. Erdogan mengatakan dia sedang mengejar “perjuangan untuk kemerdekaan” dengan kebijakan ekonominya, yang akan mengarah pada “serangan” dari dalam dan luar.

Erdogan ingin menurunkan inflasi sampai pemilu

Menurut pernyataan serupa dari Erdogan, lira Turki runtuh Selasa lalu dan mencatat kerugian harian sekitar 14% terhadap dolar. Nilai euro sementara itu telah mencapai rekor tingkat lebih dari 15 lira. Mata uang terus melemah pada hari Senin, dengan nilai euro hanya di bawah 14 lira.

orang Turki Bank pusat baru-baru ini menurunkan suku bunga utama menjadi 15% – bertentangan dengan praktik umum untuk melawan inflasi yang tinggi dengan menaikkan suku bunga utama. Erdogan mengatakan dia yakin pada hari Senin bahwa dia dapat mengurangi inflasi dari tingkat saat ini sekitar 20% pada pemilihan berikutnya pada tahun 2023. Erdogan menegaskan kembali pandangannya bahwa suku bunga yang tinggi adalah penyebab inflasi. Dia mengatakan dia telah belajar ekonomi dan memiliki pengetahuan tentang hal itu.

Para kritikus menuduh Erdogan memengaruhi Bank pusat untuk meningkatkan berat. Presiden telah berganti kepemimpinan beberapa kali di masa lalu.

READ  Banjir di Malaysia: mati dan hilang setelah monsun
Written By
More from Lukman Haq
Paus Fransiskus baik-baik saja setelah operasi usus
Paus Francis dioperasi pada hari Minggu untuk radang usus besar. Paus bereaksi...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *